Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Tingkat Likuiditas Pada Pt. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. (Skripsi Manajemen 2015)

Fendi Susanto, . (2015) Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Tingkat Likuiditas Pada Pt. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. (Skripsi Manajemen 2015). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text
Skripsi Manajemen BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
Skripsi Manajemen BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
Skripsi Manajemen BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
Sklripsi Manajemen BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
Skripsi Manajemen BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)

Abstract

Kegiatan perusahaan dalam upaya meningkatkan nilai keunggulan bersaing salah satunya adalah dengan melakukan penjualan secara kredit. Dengan penjualan secara kredit ini otomatis akan menyebabkan timbulnya piutang yang mempengaruhi tingkat likuiditas perusahaan tersebut. Tingkat likuiditas yang baik akan memberikan gambaran bahwa posisi keuangan dalam kondisi yang kuat, artinya selain perusahaan mampu membayar hutang jangka pendeknya tepat waktu likuiditas yang baik akan memberikan kelancaran bagi kegiatan perusahaan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perputaran Piutang pada PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. untuk mengetahui Likuiditas perusahaan PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. dan untuk mengetahui pengaruh Perputaran Piutang terhadap tingkat likuiditas Pada PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. Penelitian yang dilakukan penulis dalam menyusun skripsi ini deskriptif kuantitatif, yaitu suatu bentuk penelitian yang berdasarkan data yang dikumpulkan selama penelitian secara sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat dari obyek yang diteliti dengan menggabungkan hubungan antar variabel yang terlibat didalamnya, kemudian diinterpretasikan berdasarkan teori-teori yang berhubungan. Data analisis yang digunakan adalah data yang besifat kuantitatif yaitu data-data yang besifat angka. Sampel yang digunakan ini berupa neraca dan laporan laba rugi pada PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk tahun 2009 sampai dengan 2013. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat Perputaran Piutang terhadap tingkat Likuiditas pada PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. dengan menggunakan analisis korelasi. Hasil analisa diperoleh persamaan Y = 340,325 + (-19,916)X, nilai koefisien regresi nilai (b) -19,916 menunjukan hubungan negatif, bahwa setiap kenaikan satu satuan perputaran piutang akan menurunkan jumlah likuditas sebesar 340,325 atau sebaliknya jika terjadi penurunan satu satuan perputaran piutang maka akan menaikkan jumlah likuiditas sebesar 340,325 dan ini berarti hubungan kedua variabel tersebut dinyatakan negativ. Nilai korelasi sebesar -0,149 yang berarti terdapat hubungan yang lemah dan berlawanan arah (negativ sempurna) antara perputaran piutang dengan likuiditas. Nilai penentu atau determinasi sebesar 2,2% yang berarti perputaran piutang mempengaruhi likuiditas sebesar 2,2% dan sisanya 97,8% dipengaruhi oleh faktor lain. nilai pengujian signifikan atau hipotesis dengan taraf nyata sebesar 0.05 dan didistribusikan dengan derajat kebebasan (n-2) = 5-2 = 3, menjelaskan untuk pengujian satu arah menghasilkan nilai kritis (t tabel) sebesar 2.35336 dengan demikian karena t hitung = -0,261 < t tabel = 2.35336, ini menunjukan H0 diterima dan Ha ditolak, karena t hitung < t tabel yang artinya hipotesis yang menyatakan Perputaran Piutang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap likuiditas. Kata Kunci : Perputaran Piutang dan Likuiditas

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2015 11:28
Last Modified: 22 Dec 2015 11:28
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item