Penggunaan metode pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) dengan metode ceramah terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (Studi kasus komperasi di SMK N 3 Kota Tangerang Selatan kelas X TSM 1 dan TSM 3 semester II Tahun ajaran 2014-2015). (Skripsi PKN 2015)

Nanik Rahmawati, . (2015) Penggunaan metode pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) dengan metode ceramah terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (Studi kasus komperasi di SMK N 3 Kota Tangerang Selatan kelas X TSM 1 dan TSM 3 semester II Tahun ajaran 2014-2015). (Skripsi PKN 2015). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi Pendidikan Kewarganegaraan S1. COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
Skripsi Pendidikan Kewarganegaraan S1. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
Skripsi Pendidikan Kewarganegaraan S1. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
Skripsi Pendidikan Kewarganegaraan S1. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
Skripsi Pendidikan Kewarganegaraan S1. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
Skripsi Pendidikan Kewarganegaraan S1. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbandingan metode Pemecahan Masalah( Problem Solving)dengan Metode Ceramah dalam peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X di SMK N 3 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Dimana dilakukan dengan cara peneliti membagi kelas menjadi dua, yakini kelas pertama yang disebut kelas eksperimen yang diberi metode pemecahan masalah(problem solving), sedangkan kelas kedua yang disebut dengan kelas kontrol yang diberi metode ceramah untuk melihat hasil belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan pada penelitihan ini adalah desain eksperimen Two Grup Randomized Subject Post-Test Only. Penelitihan ini menggunakan analisis kuantitatif yang berhubungan dengan anka yaitu test hasil belajar pendidikan kewarganegaraan yang diberikan kepada peserta didik. Analisis dilakukan dengan membandingkan hasil post test kelas eksperimen dan kontrol. Data yang diperoleh kemudian dilakukan perhitungan statistic dan melakukan perbandingan terhadap dua kelas tersebut. Populasi dalam Penelitihan ini adalah kelas X dengan Sampel 72 peserta didik. Teknik dalam pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan random sampling yaitu dengan mencocokan 8 kelas dari populasi terjankau.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupatessoal. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakanuji-t yang menyatakan bahwa T hitung= 5,32 dan T tabel= 1,66691 pada taraf signifikan 5% dengan kriteria pengujian hipotesis : jika T hitung < T tabel maka Ho diterima dan Hi ditolak dan jika T hitung > T tabel maka Ho ditolak dan Hi diterima, ini berarti metode pemecahan masalah(problem solving)lebih baik dibandingkan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik. Kata Kunci : PKN, Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving), Metode Ceramah dan Hasil Belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2015 03:55
Last Modified: 15 Dec 2015 03:55
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item