Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Ips Kelas Viii Smp Islam Asy-Syakirin

FITRI, WULANDARI Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Ips Kelas Viii Smp Islam Asy-Syakirin. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

ABSTRAK Fitri, Wulandari. 2020 “Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII SMP Islam Asysyakirin”. Skripsi. Program studi pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas pamulang. Pembimbing Heri Indra Gunawan, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Motivasi Belajar, kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar. Motivasi merupakan keinginan dan kemauan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya, tentunya harus ada usaha, Do’a dan tentunya proses yang mempengaruhi hasil akhirnya. Kecerdasan emosional dan motivasi belajar diduga mempunyai pengaruh besar terhadap prestasi belajar karena siswa yang tidak mampu mengelola emosi dengan baik dan kurangnya motivasi untuk belajar ketika mengikuti pembelajaran maka siswa tersebut tidak akan mampu belajar dengan sebaik-baiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodelogi asosiatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII di SMP Islam asysyakirin dengan jumlah populasi siswa sebanyak 127 siswa yang di gunakan untuk sampel penelitian 84 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumen nilai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP ISLAM ASY-SYAKIRIN. Hal ini di buktikan dengan memperoleh nilai sig berdasarkan uji linier sederhana. Pengaruh motivasi belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y) adalah sebesar 0,025 < 0,050 yang berarti terdapat pengaruh antar variabel motivasi belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y) dengan tingkat hubungan yang rendah dan memberi kontribusi atau sumbangsih pengaruh sebesar 1,6%, sedangkan 98,4% dipengaruhi faktor lain, Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP ISLAM ASY-SYAKIRIN. Hal ini di buktikan dengan memperoleh nilai sig berdasarkan uji linier sederhana. Pengaruh kecerdasan emosional (X2) terhadap prestasi belajar (Y) adalah sebesar 0,007 < 0,050 yang berarti terdapat pengaruh antar variabel kecerdasan emosional (X2) terhadap prestasi belajar (Y) dengan tingkat hubungan yang rendah dan memberi kontribusi atau sumbangsih pengaruh sebesar 3,9%, sedangkan 96,1% dipengaruhi faktor lain, terdapat pengaruh motivasi belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP ISLAM ASY-SYAKIRIN. Hal ini di buktikan dengan koefisiensi regresi masing masing variabel yaitu motivasi belajar dan kecerdasan emosional sebesar 0.017 dan 0.314 dari uji linier berganda. variabel prestasi belajar (Y) di pengaruhi variabel motivasi belajar (X1) dan kecerdasan emosional (X2).

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Adzani Adillah
Date Deposited: 21 Dec 2020 07:00
Last Modified: 21 Dec 2020 07:00
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8771

Actions (login required)

View Item View Item