Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Sma Ypk (Yayasan Pedidikan Karya) Tangerang

LAKO, BENYAMIN DANIEL Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Sma Ypk (Yayasan Pedidikan Karya) Tangerang. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
0 Cover, Pelengkap, & Daftar Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
1 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
2 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
2 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
4 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
5 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
8 JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)

Abstract

Benyamin Daniel Lako, (2020),Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA YPK (Yayasan Pedidikan Karya) Tangerang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Dosen Pembimbing: Heri Indra Gunawan, S.Pd., M.Pd. Kata kunci:Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar. Motivasi belajar merupakan dorongan atau kekuatan pada siswa yang menimbulkan kegiatan serta arah belajar untuk mencapai prestasi belajar yang optimal sementara faktor keluarga mempunyai peranan yang penting karena keadaan lingkungan keluarga akan sangat menentukan berhasil tidaknya anak dalam menjalani proses belajarnya. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di SMA YPK (Yayasan Pedidikan Karya) Tangerang ditemukan permasalahan mengenai prestasi belajar siswa yang menurun dikarenakan sebagian besar prestasi belajar siswa Ekonomi belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganailis pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA YPK (Yayasan Pedidikan Karya) Tangerangbaik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan metodeAsosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara dua variabel lebih. Sampel yang digunakan sebanyak 58 siswa yaitu siswa kelas XI-1 dan XI-2. Instrumen yang digunakan dengan cara kuesioner sementara metode analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA YPK (Yayasan Pedidikan Karya) pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2019/2020, hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung sebesar 2,432 > ttabel 2,003 dengan nilai signifikan sebesar 0,018 < 0,05. (2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA YPK (Yayasan Pedidikan Karya) pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2019/2020. hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung 2,418 > ttabel 2,003 dengan nilai signifikan sebesar 0,019 < 0,05. (3). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA YPK (Yayasan Pedidikan Karya) pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai Fhitung 24,493 > Ftabel 4,02 dengan siginifikan 0,000 < 0,05.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Adzani Adillah
Date Deposited: 18 Dec 2020 02:38
Last Modified: 18 Dec 2020 02:38
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8758

Actions (login required)

View Item View Item