Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas Viii Di Mts Nurul Athfal Cikulur Kabupaten Lebak

Asep, Awaludin (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas Viii Di Mts Nurul Athfal Cikulur Kabupaten Lebak. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)

Abstract

Awaludin, Asep. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Athfal Cikulur”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Pembimbing: Kusworo, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Talking Stick, Media Powerpoint, Hasil Belajar IPS Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Powerpoint terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII MTs Nurul Athfal menjadi efektif dan peningkatan hasil belajar. penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen tipe Times Series Desain . Uji coba penelitian ini pada peserta didik kelas VIII 2 diambil untuk kelas sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan dengan jumlah 37 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, test Awal, tes Akhir dan dokumentasi. Teknik Dan Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen butir soal pretest dan posttest dikembangkan sesuai indikator yang diteliti. Sebelum digunakan instrumen tersebut harus valid dan reliabel dengan dihitung uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Teknik analisis data terdiri dari Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial yaitu uji prasarat dan hipotesis. Metode Safiro Wilk untuk menguji normalitas data, one sample t test dan paired sample t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar IPS peserta didik setelah diajar dengan model Talking Stick berbantuan media Powerpoint mendapatkan hasil rata-rata 77,78. Hasil ketuntasan klasikal prestasi belajar IPS lebih dari 75% yaitu sebesar 78%. Pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Powerpoint menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan, hasil belajar peserta didik sebelum diberi perlakuan mendapatkan hasil nilai rata-rata 53,95 dan setelah diberi perlakuan mendapatkan hasil nilai rata-rata 77,78. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Powerpoint pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Adzani Adillah
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:37
Last Modified: 17 Dec 2020 03:37
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8756

Actions (login required)

View Item View Item