Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitasperpustakaan Dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajarips Kelas Viiismp Pgri 2 Ciputat

Ahmad Farhi, Jamnas (2020) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitasperpustakaan Dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajarips Kelas Viiismp Pgri 2 Ciputat. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI JAMNAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Jamnas. 2020 Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Perpustakaan dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII SMP PGRI 2 Ciputat tahun ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Sarjana Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Pembimbing :Enggar Prasetyawan, S.Pd, M.Pd Kata Kunci :Fasilitas Perpustakaan, Minat Baca, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang fasilitas perpustakaan. (2) Untuk mengetahui minat baca siswa pada mata pelajaran IPS. (3) dan Untuk mengetaui persepsi siswa tentang fasilitas perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS SMP PGRI 2 Ciputat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dimana subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP PGRI 2 Ciputat dengan jumlah responden 145 orang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dan teknik slovin. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang disebar pada siswa kelas VIII. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik uji Prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heterokedastisitas, autokorelasi, dan uji Hipotesis yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan Berdasarkan output Model Summary diperoleh besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,221 dan dijelaskan persentase pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas perpustakaan dan minat baca secara simultan terhadap prestasi disebut koefesiensi determinan R Square sebesar 0,249 atau 24,9 %. Artinya besar atau sumbangsih pengaruh fasilitas perpustakaan dan minat baca secara simultan terhadap prestasi 24,9%. Sedangkan sisanya sebesar 75,1% dipengaruhi faktor lain yaitu diluar penelitian ini. Dan berdasarkanOutput Coefficient untuk mengetahui persamaan regresi yaitu Y= 95,200+ 0,422x1 + 0,646x2 artinya rata-rata skor kriterium Y (Prestasi Belajar) akan mengalami perubahan sebesar 0,422 untuk setiap perubahan yang terjadi pada X1 (Fasilitas Perpustakaan).Dan 0,646 untuk setiap perubahan yang terjadi pada X2 (Minat Baca). Saran untuk sekolah diharapkan selalu memperhatikan prestasi belajar siswa. Sehingga guru sebagai pendidik dapat mengetahui seberapa penting fasilitas perpustakaan dalam belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa. Sebagai pendidik, guru juga harus berupaya memahami berbagai macam cara memberikan motivasi yang baik dan benar serta terarah sehingga motivasi yang diberikan kepada para siswa-siswi dapat diterima dengan baik. Dan untuk meningkatkan prestasi belajar, hendaknya siswa dapat menumbuhkan minat baca dari kesadarannya sendiri dan memiliki perasaan senang dalam membaca sehingga hasil yang diperoleh dari siswa tersebut dapat maksimal.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Adzani Adillah
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:22
Last Modified: 16 Dec 2020 06:22
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8753

Actions (login required)

View Item View Item