Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sma Alfa Sanah Kabupaten Tangerang

Sriati Komsatun, (2020) Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sma Alfa Sanah Kabupaten Tangerang. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Perlunya ketrampilan berpikir kritis yang harus dimiliki oleh setiap siswa, terutama kita hidup di negara demokrasi, di SMA Alfa Sanah guru menerapkan model pembelajaran inquiry learning based pada mata pelajaran PPKn untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, model pembelajaran ini sejalan dengan tujuan pembelajaran kurikulum 2013 yang mana dalam pembelajaran siswa lebih dituntut aktif, kreatif serta inovatif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap implementasi model pembelajaran inquiry based learning dalam meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn pada kelas Xll di SMA Alfa Sanah. Penelitian ini dilakukan di SMA Alfa Sanah. Jl.Anamui, Kp Anamui RT 03 RW 03 Desa Suradita, Kec. Cisauk Tanggerang. Penelitian ini bersifat Deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian empiris (didasarkan pada observasi, penelitian terhadap kenyataan menggunakan akal sehat dan indra, sehingga hasilnya tidak bersifat spekulatif). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas Xll di SMA Alfa Sanah yang berjumlah 80 siswa, dan sampelnya yang diambil sebanyak 40 siswa dan 1 guru pengampu mata pelajaran PPKn. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : Persepsi siswa mengenai langkah- langkah atau tahapan inquiry based learning menunjukkan hasil yang baik yaitu dari awal sebelum mulai pembelajaran guru memberitahukan tujuan yang ingin dicapai, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencaritahu sendiri pengetahuan terkait dengan pembelajaran, lalu guru meminta hasil pencarianya, setelah itu guru tetap memberikan pendalam materi, dan diakhir pembelajaran guru meminta siswa untuk menyimpulkan pembelajaran, hal ini telah dijalankan dengan baik oleh guru. Persepsi siswa pada aspek berpikir kritis dalam inquiry based learning menunjukan hasil yang baik di mulai dari kepercayaan diri siswa, yang ditunjukan dengan ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya, menjawab, serta menambahkan jawaban, dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Pencarian data atau sumber informasi belajar secara mandiri, kemampuan menarik kesimpulan dan menganalisis permasalahan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:09
Last Modified: 27 Nov 2020 03:09
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8745

Actions (login required)

View Item View Item