Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Penelitian Eksperimen di SMK Muhammadiyah 02 Tangerang Selatan)

Waway Kusmayanti, (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Penelitian Eksperimen di SMK Muhammadiyah 02 Tangerang Selatan). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa menggunakan media pembelajaran power point dengan menggunakan media pembelajaran video. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen. Unit analisis adalah sekolah dan partisipan penelitian adalah siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 02 Tangerang Selatan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran power point sama dengan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran video. Tidak terbukti terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran power point dan kelas kontrol menggunakan media pembelajaran video. Hal ini menunjukan penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan nilai rata-rata 79.50. Sedangkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang menggunakan media pembelajaran video memperoleh nilai rata-rata 78.52. Maka dapat dilihat bahwa penggunaan media pembelajaran power point dengan media pembelajaran video tidak terdapat perbedaan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari data test hasil belajar diperoleh (Sig.= 0.665 > 0.05).

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:44
Last Modified: 27 Nov 2020 02:44
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item