Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi kasus di SMK Muhammadiyah 02 Tangerang Selatan)

Tri Sutrisno, (2020) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi kasus di SMK Muhammadiyah 02 Tangerang Selatan). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Mendidik dan mengajar anak merupakan kewajiban yang sangat penting dan berat yang diletakkan di atas pundak orag tua, nasib seorang anak berada di tangan kedua orang tua, ini terkait dengan tingkat pendidikan keduanya, sampai sejauh mana perhatian yang diberikan orang tua dalam mendidik dan mengajar anak-anaknya. Pentingnya pendidikan dalam keluarga, khususnya perhatian bimbingan belajar yang diberikan orang tua, hal ini dapat menentukan keberhasilan prestasi belajar siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari fakta dan data berkenaan dengan masalah tersebut adakah Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa,Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode angket sebagai metode pokok dan data yang ada. Angket digunakan untuk menjaring data tentang perhatian orang tua(X) sedangkan data nilai rata-rata siswa pada prestasi belajar (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 02 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2019/2020, diperoleh nilai koefisien 0,237 Kemudian hasil korelasi product moment tersebut dibandingkan dengan r tabel, dimana r tabel dengan df= N-2 jadi 60-2 = 58, sehingga r tabel 0,237 Jadi, hasilnya 0,068 < 0,05 Yang bearti H0 diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak ada hubungan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar di SMK Muhammadiyah 02 Tangerang Selatan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa X tidak memiliki pengaruh terhadap Y karena thitung< tabel (N-k = 60-2 = 58 α 0,05 yaitu 1.671) yang bearti thitung = 0,237 < tabel = 1,856. Dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak.Berdasarkan uji korelasi (uji t), dimana nilai t hitung < t tabel, 0,237< 1,856 dan p value 0,068> 0,05, maka h0 diterima dan Ha ditolak, artinya dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar di SMK MUHAMMADIYAH 02Tangerang Selatan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:24
Last Modified: 26 Nov 2020 04:24
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8738

Actions (login required)

View Item View Item