Pengaruh Pemahaman Nilai Sila Ke-5 Pancasila Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik (Studi Korelasi di SMK Yadika 5 Pondok Aren)

Suryaningsih, (2020) Pengaruh Pemahaman Nilai Sila Ke-5 Pancasila Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik (Studi Korelasi di SMK Yadika 5 Pondok Aren). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
JURNAL SURYANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)

Abstract

Perilaku sosial beberapa peserta didik SMK Yadika 5 Pondok Aren kurang mencerminkan nilai sila ke-5 Pancasila, terlihat dalam perilakunya yang cenderung murung, menyendiri, kurang bersosialisasi, acuh terhadap diri dan orang lain di sekitarnya. Nilai Pancasila yang tercermin dari perilaku sosial peserta didik SMK Yadika 5 Pondok Aren merupakan salah satu representasi dari kemampuan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Pemahaman Nilai Sila Ke-5 Pancasila Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik. Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pemahaman Nilai Sila Ke-5 Pancasila Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasional yaitu dengan populasi target 527 peserta didik. Dalam pengambilan sampel, penulis mengambil sampel dengan menggunakan populasi terjangkau, dari 17 kelas populasi target sehingga didapatkan sampel sebanyak 124 yang diambil dengan teknik random sampling. Instrument penelitian untuk variabel pemahaman nilai sila ke-5 Pancasila (X) digunakan tes pemahaman sementara untuk variabel perilaku sosial peserta didik (Y) digunakan angket. Butir-butir soal tes pemahaman nilai sila ke-5 Pancasila dan angket untuk variabel Perilaku Sosial Peserta Didik sebelum digunakan sebagai instrument terlebih dulu diujicobakan kepada 124 peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui butir soal mana saja yang valid untuk digunakan sebagai instrument. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman nilai sila ke-5 Pancasila terhadap perilaku sosial peserta didik SMK Yadika 5 Pondok Aren dengan persamaan regresi Y ̂=-21596016+733678X dan koefisien korelasi r_xy=0,88 dengan taraf signifikansi α =0,05. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi peserta didik guna meningkatkan pemahamana berperilaku adil. Untuk pendidik, civitas akademik, konselor dapat menggunakan sila ke-5 untuk meningkatkan pembelajaran agar peserta didik lebih memahami bagaimana berperilaku sosial. Bagi lembaga dapat digunakan untuk mewujudkan lingkungan sosial dan situasi belajar mengajar yang kondusif sehingga tingkat pemahaman tentang Pancasila yang dicapai bisa maksimal.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:37
Last Modified: 26 Nov 2020 03:37
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8736

Actions (login required)

View Item View Item