Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menumbuhkan Kesadaran Hukum Siswa Dalam Berkendara Roda Dua (studi kasus di SMK Islam Asy-Syuhada Rumpin)

Sulaeman, (2020) Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menumbuhkan Kesadaran Hukum Siswa Dalam Berkendara Roda Dua (studi kasus di SMK Islam Asy-Syuhada Rumpin). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Penggunaan kendaraan bermotor sudah di atur dalam undang-undang, namun faktanya, masih bnyak yang serimh melanggar peratauran atau tidak melengkapi persyaratan berkendara. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas XII di SMK islam Asy-Syuhada dari hasipengamatan masih bnyak yang kurang sadar tentang tertib lalaulintas. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdaskan dan membentuk karakter siswa, salah satu peran yang bisa dilakukan guru dalam membentuk karakter siswa yaitu dengan menumbuhkan kesadaran hukum berkendara roda dua siswa. Salah satu upaya yang di lakukan oleh guru PKn di SMK islam asy_syuhada dengan memberikan penyuluhan baik melalui guru PKn, atau meminta bantuan kepolisian lalulintas untuk memberikan penyuluhan, selain itu guru memberikan bimbingan berupa pengarahan dan teguran pada siswa yang belum memiliki kesadaran hukum berkendara. Tujuan penelitian ini untuk mengentahui upaya apasaja yang dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan kesadarah hukum berkendara roda dua di Smk Islam Asy-Syuhada Rumpin Metode yang di gunakan adalahmetode kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara observasi dan dokumentasi, dan pengolahan data dengan trianggulasi.dengan populasi 60 orang dan 30 sampel yang di wawancarai dapat di simpulkan bahwa guru pendidikan kewarganegaraan memiliki peran penting dalam menumbuhkan kesdran hukum siswa dalam berkendara roda dua,

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:34
Last Modified: 26 Nov 2020 03:34
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8735

Actions (login required)

View Item View Item