Pembentukan Sikap Kemandirian Melalui Aktivitas Belajar Peserta Didik Di Mts Nur As-Sholihat (Studi Kualitatif di MTs Nur As-Sholihat Serpong Kota Tangerang Selatan)

Sofi Aliffianti, (2020) Pembentukan Sikap Kemandirian Melalui Aktivitas Belajar Peserta Didik Di Mts Nur As-Sholihat (Studi Kualitatif di MTs Nur As-Sholihat Serpong Kota Tangerang Selatan). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)

Abstract

Pembentukan sikap kemandirian peserta didik didalam aktivitas belajar sangat penting sekali. Apabila sikap kemandirian itu terbentuk, maka aktivitas belajar akan berjalan dengan semestinya. Berdasarkan observasi dilapangan, menunjukkan bahwa ketika sikap kemandirian belum terbentuk, maka didalam aktivitas belajar peserta didik cenderung pasif dan kurangnya pemahaman materi. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui upaya pembentukan sikap kemandirin peserta didik melalui aktivitas belajar didalam kelas, diharapkan peserta didik menjadi mandiri dalam belajar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metodologi penelitian grounded Theory subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik MTs Nur As-Sholihat, Kepala Sekolah, Guru PPKn, Guru Agama, dan Guru BK. Instrumen dalam pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen wawancara kepada guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang mempunyai ketergantungan dengan teman ketika mengerjakan tugas, menjadi tidak bertanggung jawab pada tugasnya, belum percaya diri dalam menyampaikan pendapat atau bertanya. Namun, guru mempunyai cara dalam pembentukan sikap kemandirian yaitu salah satunya dengan memilih metode pengajaran yang tepat dalam aktivitas belajar yang dapat membangun sikap kemandirian peserta didik, sehingga menjadikan peserta didik yang berperan aktif, berani mengambil keputusan, menyelesaikan tugas dengan baik, tentunya menjadi bertanggung jawab dan percaya diri dan tidak tergantung dengan teman. Dengan begitu aktivitas belajar akan menghsilkan feed back yang baik antara guru dan peserta didik.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:29
Last Modified: 26 Nov 2020 03:29
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8734

Actions (login required)

View Item View Item