Pengaruh Metode Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Vii Mts Kh. A. Wahab Muhsin (studi kuantitatif eksperimen di MTs KH A. Wahab Muhsin)

Rian Julrijma, (2020) Pengaruh Metode Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Vii Mts Kh. A. Wahab Muhsin (studi kuantitatif eksperimen di MTs KH A. Wahab Muhsin). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Masalah utama dalam pembelajaran PKn kelas VII adalah masih rendahnya daya serap peserta didik, di sisi lain secara empiris sejumlah temuan penelitian mengenai rendahnya hasil belajar PKn disebabkan karena dominannya proses pembelajaran konvensional. Hal ini sesuai dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yaitu 77 dan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi-materi dalam proses pembelajarannya. Ini terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang begitu bergairah dalam merespon materi yang disampaikan oleh guru, dimana pembelajarannya hanya berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan siswa kurang antusias. Berdasarkan itu dipandang sangat perlu untuk meneliti sekaligus membandingkan metode penelitian yang dianggap menarik dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mencari fakta tentang pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan sosial dengan hasil belajar PKn di kelas VII MTs KH.A. Wahab Muhsin. Metode yang digunakan adalah desain penelitian eksperimental menggunakan metode dengan tingkat 2 x 2 dengan analisis pengujian ANAVA. Populasi penelitian ini adalah peserta didik MTs KH.A. Wahab Muhsin kelas 7 dan sampelnya mengambil 2 kelas, saatu kelas diberikan Tindakan dengan metode Project Based Learning, dan satu kelas lagi diberikan Tindakan dengan metode Problem Based Learning. Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelompok belajar dengan metode Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) memberikan efek yang lebih baik daripada kelomppok belajar dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada hasil pembelajaran PKn, sehingga hasil belajar peserta didik yang diberikan metode Project Based Learning lebih baik dari pada peserta didik yang diberikan metode Problem Based Learning.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:01
Last Modified: 26 Nov 2020 03:01
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8729

Actions (login required)

View Item View Item