Pemanfaatan Film Dokumenter Ki Hadjar Dewantara Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Penelitian Kualitatif di SMP Sebelas Maret )

Rena Desiyana, (2020) Pemanfaatan Film Dokumenter Ki Hadjar Dewantara Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Penelitian Kualitatif di SMP Sebelas Maret ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
JURNAL RENA DESIYANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Pemanfaatan Film Dokumenter Ki Hadjar Dewantara Sebagai Sumber Belajar PPKn di SMP Sebelas Maret, Gunung Sindur, Bogor serta untuk mengetahui (2) Bagaimana Respon Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Film Film Dokumenter Ki Hadjar Dewantara Sebagai Sumber Belajar PPKn. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam Pemanfaatan Film Dokumenter Ki Hadjar Dewantara Sebagai Sumber Belajar PPKn guru terlebih dahulu memahami Film yang akan ditayangkan dalam pembelajaran, selain itu guru juga menyiapkan RPP sebagai acuan pada saat mengajar. Adapun materi yang di gunakan oleh guru pada saat memanfaatkan Film Dokumenter Ki Hadjar Dewantara Sebagai Sumber Belajar yaitu mengenai semangat komitmen kebangsaan para pendiri negara, dimana peserta didik dengan pembelajaran menggunakan Film Dokumenter bisa mengetahui berbagai informasi sejarah perjuangan Ki Hadjar Dewantara serta semangat perjuangan yang di contohkan oleh Ki Hadjar Dewantara dalam memperjuangkan hak- hak pendidikan bangsa pada jaman penjajahan. Untuk respon peserta didik terhadap Pemanfaatan Film Dokumenter Ki Hadjar Dewantara yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran PPKn, diketahui bahwa peserta didik memberikan respon yang positif. Peserta didik senang dan tertarik mengikuti pembelajaran PPKn dengan menggunakan Film Dokumenter karena lebih jelas dan menarik. Namun dalam Pemanfaatan Film Dokumenter Ki Hadjar Dewantara terdapat hambatan yang dirasakan oleh guru pada saat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Film Dokumenter yaitu mengenai durasi Film yang cukup panjang sehingga memerlukan banyak waktu. Selain itu masalah peserta didik yang terkadang masih belum fokus dengan Film yang ditayangkan, sehingga terkadang guru perlu menjelaskan kembali isi Film Dokumenter kepada peserta didik. Karena permasalahan tersebut guru perlu melakukan evaluasi pembelajaran untuk memperbaiki kekurangan- kekurangan yang terjadi pada saat proses belajar mengajar di kemudian hari.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 26 Nov 2020 02:54
Last Modified: 26 Nov 2020 02:54
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8728

Actions (login required)

View Item View Item