Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum Kepala Desa Di Desa Gunungsindur Bogor

Nuraeni, (2020) Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum Kepala Desa Di Desa Gunungsindur Bogor. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI NURAENI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses bertahap yang terlaksana secara terstruktur dan ada aturan yang mengikat. Seseorang yang telah melalui proses pendidikan dipercaya dapat menaikan taraf hidupnya agar menjadi lebih baik lagi dari segi pemikiran, etika, dan tingkah laku dalam menjalani kehidupannya. adapun jenis dari pendidikan disini terbagi menjadi tiga sub-sistem yaitu pendidikan formal, nonformal dan informal. Pendidikan dalam prosesnya memiliki tingkatan-tingkatan tertentu yang menjadi simbol tentang level seseorang individu telah menguasai atau menyelesaikan tingkatan pendidikan tertentu. Tinggi rendahnya tingkat pendidikan seseorang menentukan sikap dan pola perilakunya. Makin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka makin tinggi pula tingkat pola prilakunya begitupun sebaliknya. Adanya pendidikan dapat membuat masyarakat lebih memahami mengenai politik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh dalam Tingkat Pendidikan terhadap Partisipasi Politik dalam konteks pemilu di Desa Gunungsindur Bogor. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Gunungsindur Bogor dengan jumlah 98 warga diatas 17 tahun. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket tingkat pendidikan dan instrumen angket partisipasi politik. Sebelum digunakan, kedua instrumen tersebut harus valid dan reliabel dengan dihitung uji validitas, reabilitas. Teknik analisis data terdiri dari pengorganisasian data, uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, serta uji hipotesis menggunakan uji linearitas regresi t. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi pada variabel X sebesar 85% berkriteria sangat baik dan hasil validasi variabel Y sebesar 87,5% berkriteria sangat baik. Dengan data dari kedua variabel bersifat reliabel. Serta pada uji normalitas pun kedua variabel ini berdistribusi normal dengan nilai signifikansi, diketahui nilai signifikansi variabel X dan Y 0,934 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka disimpulkan bahwa 0,934>0,05 berdistribusi normal. Maka, kedua variabel hasil uji normalitasnya adalah berdistribusi normal. Pada uji hipotesis pun diketahui t hitung sebesar 13,328 dan t tabel sebesar 1.98525. t hitung > t tabel maka, dapat disimpulkan bahwa, Ha diterima, dan Ho ditolak.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:25
Last Modified: 25 Nov 2020 04:25
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8722

Actions (login required)

View Item View Item