Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Korelasi - Di Kelas Viii Smp Paramarta)

Nur Rachmat Afif Faizi, (2020) Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Korelasi - Di Kelas Viii Smp Paramarta). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh iklim kelas yang menyangkut dua dimensi yaitu dimensi hubungan antar peserta didik dan dimensi hubungan lingkungan fisik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Paramarta. Populasi keseluruhan kelas VIII adalah 156 peserta didik sedangkan populasi terjangkau dalam penelitian ini berjumlah 85 peserta didik, yang dijadikan sampel penelitian diambil dari kelas 8s1, 8u1, 8u2 dan 8u3. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling atau simple random sampling dengan taraf kesalahan 6%. Data terkumpul untuk mencari, menggali data, merumuskan, membahasa dan menyimpulkan masalah dalam metode survey dengan analisis koresional. Fhitung > Ftabel, yaitu : Fhitung = 1481,73 > Ftabel = 0,012. Sehingga regresi X terhadap Y signifikan. Selanjutnya 1,68288) yang berarti thitung = 88,6403> ttabel = 1,68288 maka hipotesis diterima dan hasil perhitungan uji korelasi determinasi diperoleh 94% dan 6% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan iklim kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Paramarta.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:22
Last Modified: 25 Nov 2020 04:22
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8721

Actions (login required)

View Item View Item