Peranan Guru Pkn Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Di Sekolah (Studi Kasus di MA DAARUL HIKMAH Pamulang )

Nur Azmi Laela, (2020) Peranan Guru Pkn Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Di Sekolah (Studi Kasus di MA DAARUL HIKMAH Pamulang ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
jurnal skripsi nurazmi new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Peran guru Pkn dalam menanggulangi kenakalan remaja adalah sejauh mana penanggulangan yang sudah dilakukan oleh guru Pkn yang dampaknya kepada siswa dilihat dari perubahan yang dilakukan oleh siswa di sekolah, dengan mengubah pendekatan kepada siswa melalui pendekatan humanis tujuannya agar terbinanya keakraban antar guru dan siswa. Selain itu juga ada tiga peranan penting yang dilakukan oleh guru Pkn untuk menanggulangi kenakalan remaja yaitu : (1) sebagai pendidik yaitu dengan cara mentransfer ilmu dengan pendidikan karakter dan bertujuan untuk mencegah terjadinya kenakalan siswa. (2) sebagai Motivator bagi siswa dengan memberikan banyak motivasi belajar, motivasi kehidupan yang bersifat rohani agar terhindar dari kenakalan remaja. (3) sebagai Pembimbing bagi siswa dengan cara pendekatan individual kepada semua siswa agar siswa bisa lebih dekat dengar guru sehingga guru akan mengetahui setiap permasalahan yang terjadi pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan Kewarganegaraan dalam menanggulangi kenakalan remaja di MA Daarul Hikmah Pamulang. (2) untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh guru pendidikan Kewarganegaraan sebagai pembimbing dalam menanggulangi kenakalan remaja di MA Daarul Hikmah Pamulang. (3) untuk mengetahui bagaimana hambatan yang dialami oleh guru pendidikan Kewarganegaraan dalam menanggulangi kenakalan remaja di MA Daarul Hikmah Pamulang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data dalam penelitian kualitatif secara umum dimulai sejak analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pkn dalam menanggulangi kenakalan remaja berhasil dilakukan oleh guru pendidikan Kewarganegaraan dengan cara mengubah pendekatan kepada siswa dengan pendekatan humanis atau pendekatan kemanusiaan. Dengan begitu siswa merasa dekat dengan gurunya dan setiap jam kosong siswa didekati dan dinasehati dari hati ke hati oleh guru agar menepis munculnya tawuran yang marak terjadi disekolah. Selain dengan pendekatan humanis guru juga memberikan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat kepada siswa seperti Muhadoroh, Dzikir bersama dan tausiyah.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:19
Last Modified: 25 Nov 2020 04:19
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8720

Actions (login required)

View Item View Item