Persepsi Peserta Didik Mengenai Gaya Mengajar Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Kualitatif di SMA Triguna Utama Ciputat)

Nina Ladita Hariyana, (2020) Persepsi Peserta Didik Mengenai Gaya Mengajar Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Kualitatif di SMA Triguna Utama Ciputat). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Persepsi adalah cara pandang seseorang mengenai suatu objek atau peristiwa tertentu yang diterima melalui alat inderanya yang mana dapat merubah sudut pandang seseorang terhadap lingkungan sekitar, sehingga hal ini dapat mempengaruhi seseorang dalam merasakan dan menerimanya. Persepsi dapat diawali dengan sebuah rangsangan seperti fenomena-fenomena yang terjadi pada lingkungan sekitar, lalu timbul perhatian sehingga dapat membentuk persepsi yang berbeda-beda pada setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan atau persepsi peserta didik mengenai gaya mengajar guru dalam pembelajaran PPKn di SMA Triguna Utama Ciputat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas XII IPA2 di SMA Triguna Utama Ciputat. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Peserta didik memiliki persepsi yang baik mengenai gaya mengajar guru dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, karena gaya mengajar guru pada saat menyampaikan materi pembelajaran selalu dilengkapi dengan penggunaan metode dan media pembelajaran, dan juga berinteraksi dengan peserta didik sehingga bukan hanya terfokus untuk memberikan materi saja melainkan juga memperhatikan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajara. Adapun metode dan media pembelajaran yang guru gunakan yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan yaitu powerpoint, buku LKS, video dan gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Persepsi peserta didik pada aspek guru dalam mengelola kelas menunjukkan persepsi yang baik, dimulai dengan kegiatan belajar mengajar guru selalu mengkondisikan peserta didik terlebih dahulu, kemudian guru menciptakan suasana kelas yang tenang dan nyaman untuk melakukan proses belajar mengajar dengan cara memelihara kebersihan dan kerapihan kelas, dilanjutkan dengan membaca doa, dan melakukan absensi, mengulang sedikit materi pembelajaran sebelum mulai memasuki pembahasan materi berikutnya.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:12
Last Modified: 25 Nov 2020 04:12
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8718

Actions (login required)

View Item View Item