Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Peserta Didik Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi (Studi Korelasi Di SMK PGRI 31 Legok-Tangerang)

Neni Prastiani, (2020) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Peserta Didik Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi (Studi Korelasi Di SMK PGRI 31 Legok-Tangerang). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Status sosial ekonomi adalah kedudukan seseorang dalam masyarakat yang dapat dilihat dari segi pendapatan, pekerjaan serta pendidikan didalam suatu lingkungan masyarakat. Dalam dunia pendidikan orang tua memiliki peran penting dan harus ikut berperan andil terhadap kelanjutan pendidikan anak, karena orang tua bertanggung jawab menyediakan dan memfasilitasi kebutuhan pendidikan anak, baik buku pelajaran, les tambahan, makanan, pakaian, buku, sepatu, uang saku dan perencanaan pendidikan tingkat universitas lainnya. Dalam hal ini status sosial ekonomi orang tua adalah salah satu faktor bagi anak untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Didalam masyarakat terdapat beberapa lapisan masyarakat, yaitu lapisan sosial bawah, lapisan sosial menengah, dan lapisan sosial atas, dimana setiap lapisan masyarakat tersebut berbeda antara satu dan yang lainnya. Tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui apakah status sosial ekonomi orang tua berpengaruh dalam motivasi peserta didik untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Subjek penelitian ini siswa SMK PGRI 31 Legok dengan jumlah 80 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument angket status sosial ekonomi dan instrument angket motivasi. Sebelum digunakan, kedua instrument tersebut harus valid dan realiabel dengan dihitung validitas, reliabilitas. Teknik analisis data terdiri dari perorganisasian data, uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas serta uji hipotesis menggunakan uji linearitas regresi t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi pada variabel X sebesar 36,25% berkriteria sangat baik dan hasil validasi variabel Y sebesar 35% berkriteria sangat baik. Dengan data dari kedua variabel bersifat reliabel. Serta pada uji normalitas pun kedua variabel ini berdistribusi normal dengan nilai signifikansi, diketahui nilai signifikansi variabel X dan Y 0,863 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka disimpulkan bahwa 0,863>0,05 berdistribusi normal. Maka, kedua variabel hasil uji normalitasnya adalah berdistribusi normal. Pada uji hipotesis pun diketahui nilai t hitung sebesar 10,821 dan t table sebesar 199125 t hitung >t table maka, dapat disimpulkan bahwa, Ha diterima, dan Ho ditolak.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:32
Last Modified: 25 Nov 2020 02:32
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8716

Actions (login required)

View Item View Item