Pengaruh Model Fun Learning Terhadap Kemandirian Peserta Didik (Studi Komparasi di MTs Al-Mursyidiyyah Pamulang Tahun Ajaran 2020/2021)

Melda Yanti, (2020) Pengaruh Model Fun Learning Terhadap Kemandirian Peserta Didik (Studi Komparasi di MTs Al-Mursyidiyyah Pamulang Tahun Ajaran 2020/2021). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan (fun learning) sangat diperlukan untuk meningkatkan kemanndirian peserta didik. Pembelajaran konvensional mengakibatkan peserta didik kurang berminat dan merasa dipaksa untuk belajar sehingga peserta didik pun akan bosan untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji apakah terdapat perbedaan antara kemandirian peserta didik kelas VIII antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan model fun learning dan kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model konvensional di MTs Al-Mursyidiyyah Pamulang tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen nsemu (quasi eksperimen). Popolasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Al-Mursyidiyyah Pamulang sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan model fun learning dan VIII.2 sebagai kelas kontrol tanpa diberikan perlakuan model fun learning (konvensional)yang berjumlah 67 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket atau kuesioner kemandirian peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil kemandirian peserta didik di kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model fun learning dengan kelas kontrol yang tanpa diberikan perlakuan model fun learning (konvensional). Skor rata-rata peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi 98.06 dibandingkan dengan skor rata-rata kelas kontrol 94.56. Hal ini menunjukkan kelas eksperimen yang menggunakan model fun learning memiliki peningkatan dalam kemandirian peserta didik dibandingkan dengan kelas kontrol yang tanpa menggunakan model fun learning (konvensional).

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 24 Nov 2020 08:57
Last Modified: 24 Nov 2020 08:57
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8713

Actions (login required)

View Item View Item