Analisis Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Mata Pelajaran Ppkn (Studi kasus di SMK Letris Kesehatan Indonesia 2 Kota Tangerang Selatan)

Lutfatu Umayah, (2020) Analisis Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Mata Pelajaran Ppkn (Studi kasus di SMK Letris Kesehatan Indonesia 2 Kota Tangerang Selatan). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan orang tua dalam pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 khusunya pada mata pelajaran PPKn. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran yang seharusnya dilakukan oleh orang tua dalam pembelajaran daring di saat pandemi Covid-19 pada jenjang SMK. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi sumber untuk pengambilan data dan keabsahan data sehingga dapat dibandingkan hasil wawancara yang diperoleh sedangkan teknik analisis data menggunakan proses coding dengan tujuan untuk membuat data mentah yang diperoleh dari hasil wawancara dapat diubah menjadi sebuah konsep atau tema. Penelitian dilaksanakan di SMK Kesehatan Letris Indonesia 2 Kota Tangerang Selatan. Hasil dari penelitian ini adalah peran orang tua sebagai pendidik utama bagi anaknya dibagi menjadi 2 yaitu peran umum dan peran khusus pada mata pelajaran PPKn dan dibedakan bagi orang tua yang bekerja dengan orang tua yang hanya sebagai ibu rumah tangga. Peran orang tua yang bekerja secara umum yaitu dilakukan setelah pulang kerja dari sore sampai malam dengan menanyakan pembelajaran hari ini, mengingatkan tugas, dan sebagai tempat mencurahkan isi hati sedangkan bagi orang tua sebagai ibu rumah tangga dapat melaksanakan pendampingan secara penuh seperti mendampingi anaknya belajar mengingatkan tugas, mencurahkan isi hati dan sebagai sarana hubungan baik dengan anak. Namun peran orang tua baik yang bekerja maupun sebagai ibu rumah tangga secara khusus pada mata pelajaran PPKn yaitu mereka sebagai penekan penerapan KI-1 Sikap spiritual seperti sholat 5 waktu dan KI-2 Sikap Sosial seperti sikap disiplin, tanggungjawab dan pembiasaan baik yang dilakukan di sekolah yaitu 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), dan juga peran mereka pada mata pelajaran PPKn yaitu sebagai sumber informasi kedua dan narasumber tambahan dalam pengerjaan tugas mata pelajaran PPKn. Media yang digunakan dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn adalah google classroom, google form dan whatsapp.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 24 Nov 2020 08:53
Last Modified: 24 Nov 2020 08:53
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8712

Actions (login required)

View Item View Item