Penerapan Model Cooperative Learning Type Team Games Tournament Dengan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik (Studi Komparatif di SMK Al Amanah Tangerang Selatan)

Khoiriyah, (2020) Penerapan Model Cooperative Learning Type Team Games Tournament Dengan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik (Studi Komparatif di SMK Al Amanah Tangerang Selatan). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
JURNAL KHOIRIYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)

Abstract

Penggunaan penunjang pembelajaran seperti model Pertandingan permainan tim (team games tournament) disingkat TGT, sangat diperlukan agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi di sekolah bahwa peggunaan metode ceramah di kelas membuat siswa menjadi bosan, sehingga hasil belajar menjadi kurang baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui model TGT dengan metode Jigsaw. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodologi penelitian eksperimen semu. Subjek uji coba dalam penelitian ini siswa kelas X SMK Al Amanah Tangerang Selatan tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 205 siswa. Instumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instumen tes validasi dan instumen tes pemahaman konsep. Sebelum digunakan, ketiga instumen tersebut harus valid dan reliabel dengan dihitung uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data terdiri deskripsi data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas kelas eksperimen sebesar 0.140 dan kelas kontrol sebesar 0.015 lebih besar dari taraf signifikansi α = 0.05. Pada hasil uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0.456 lebih besar dari taraf signifikansi α = 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil perhitungan didapat harga Thitung = 0,951 dan Ttabel = 2,021 berarti Thitung<Ttabel maka Ho diterima. Dengan kata lain data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa antara metode pembelajaran TGT dengan metode Jigsaw di SMK Al Amanah Tangerang Selatan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 24 Nov 2020 08:41
Last Modified: 24 Nov 2020 08:41
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8709

Actions (login required)

View Item View Item