Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi korelasi di MA Daarul Hikmah Kota Tanggerang Selatan)

Jumanis Utaminingrum, (2020) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi korelasi di MA Daarul Hikmah Kota Tanggerang Selatan). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)

Abstract

Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di era sekarang sangat di butuhkan, apa lagi dalam kondisi Pandemi covid 19 ini yang menuntut siswa dan guru melaksanakan proses kegiatan Belajar Mengajar lewat online,sehingga penguasaan dan pemahaman untuk menggunakan sangatlah penting agar siswa memiliki Hasil belajar yang bagus dan tidak kalah dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka di kelas.seorang guru harus menjadi tolak ukur keberhasilan siswa dalam memperoleh hasil belajar yang baik . Berdasarkan observasi di MA Daarul Hikmah Kota Tanggerang Selatan,menujukkan bahwa penguasaan Teknologi Informasi dalam proses KBM online masih rendah sehingga Hasil Belajar siswa kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa di MA Daarul Hikmah Kota Tanggerang Selatan. Metode yang digunakan adalah korelasi dengan Populasi target 74 peserta didik, Dalam pengambilan sampel, penulis mengambil sampel dengan menggunakan rumus slovin, dari enam kelas populasi target sehingga didapatkan Sampel sebanyak 74. Kesimpulan dalam penelitian ini diperoleh dari pengujian hipotesa diperoleh hasil Uji signifikansi Fhitung > Ftabel, yaitu : Fhitung = 521,7 > Ftabel = 3,980. Sehingga regresi Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Hasil Belajar Siswa signifikan.pengujian tingkat keberhasilan Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Hasil Belajar Siswa, didapat thitung > ttabel (N-k = 74-12=62 α =0,05 yaitu 1,998 yang berarti thitung = 66,952 > ttabel = 1,998 Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima.Dari perhitungan koefisien korelasi diperoleh a = -3,25. dan b = 1,39.Dengan mensubstitusikan harga a dan b ke dalam persamaan regresi, maka diperoleh persamaa regresi linier sederhana . Hasil perhitungan terhadap kekuatan pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap hasil belajar siswa ditunjukan oleh koefisien korelasi sebesar r = 0,939. Saran yang dapat penulis berikan kepada sekolah MA Daarul Hikmah terutama Guru yang melaksanakan kegiatan KBM harus mampu menguasai teknologi informasi dengan baik sehingga mampu memberikan variasi materi yang nantinya siswa menjadi tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Para Siswa harus menggunakan teknologi informasi secara positif agar menjadikan siswa kreatif dan inovatif.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 24 Nov 2020 08:37
Last Modified: 24 Nov 2020 08:37
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8708

Actions (login required)

View Item View Item