Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dalam Materi Kedaulatan Rakyat Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (Gi) (Penelitian Tindakan Kelas ( Ptk ) Di Smp Negeri 25 Jakarta)

Ipan Rosmeri, (2020) Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dalam Materi Kedaulatan Rakyat Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (Gi) (Penelitian Tindakan Kelas ( Ptk ) Di Smp Negeri 25 Jakarta). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
1. COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
ARTIKEL IPAN 5(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatankeaktifan dan prestasi belajar PPKn pada siswa kelas VIII SMPN 25 Jakarta tahun ajaran 2019/2020 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.5 SMPN 25 Jakarta tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pengamatan, wawancara, dan tes objektif. Analisis data yang dilakukan adalah dengan membandingkan hasil sebelum diberi tindakan dan sesudah diberi tindakan yang berkaitan dengan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group invetigation dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 25 Jakarta tahun ajaran 2019/2020. Keaktifan siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 30 % menjadi 80% pada siklus 1, dan meningkat kembali menjadi 100% pada siklus 2. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 41,94% dengan rata-rata kelas 67,4 menjadi 83,59% dengan rata-rata kelas 75,17 pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 92,87% dengan rata-rata kelas 79.5 pada siklus 2.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 24 Nov 2020 08:25
Last Modified: 24 Nov 2020 08:25
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8705

Actions (login required)

View Item View Item