Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Sikap Tenggang Rasa Di Smpn 24 Pondok Bahar Karang Tengah Kota Tangerang (Studi Asosiasi di SMPN 24 Pondok Bahar Tahun Ajaran 2019-2020)

HikmahFauziyah, (2020) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Sikap Tenggang Rasa Di Smpn 24 Pondok Bahar Karang Tengah Kota Tangerang (Studi Asosiasi di SMPN 24 Pondok Bahar Tahun Ajaran 2019-2020). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)

Abstract

Tenggang rasa merupakan salah satu bagian kecerdasan emosional yang dimiliki manusia. Karena pengertian kecerdasan emosional seperti diungkapkan (Daniel Goelman 1995), Tenggang rasa adalah kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan motivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosional dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap tenggang rasa yang dilakukan pada siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMPN 24 Pondok Bahar Karang Tengah Kota Tangerang yang terdiri dari 36 siswa dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sesuai data hipotesis di atas dapat diketahui bahwa nilai minimum 51 dan maksimum 148 untuk variable x dan nilai minimum 49, maksimum 130 untuk variabel y. serta dengan nilai rata-rata 88.08 untuk variabel x, sedangkan untuk variabel y dengan nilai rata-rata 83.61. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 2.1 diperoleh nilai t hitung sebesar 12.734 dengan nilai signifikan 000. Karena nilai signifikannya lebih kecil dari 0,05 (000 < 0,05) seperti yang terdapat dalam kaidah penariakan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap tenggang rasa pada mata pelajaran PPKN Kelas VII DI SMPN 24 Pondok Bahar Karang Tengah Kota Tangerang Tahun Pelajaran 2019/2020. Maka dari itu penjelasannya adalah Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada pengaruh positif kecerdasan emoisonal terhadap sikap tenggang rasa.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 24 Nov 2020 08:20
Last Modified: 24 Nov 2020 08:20
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8704

Actions (login required)

View Item View Item