Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Korelasi Kelas X di SMK Sirajul Falah Parung Tahun Ajaran 2019/2020)

Hardiyanti, (2020) Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Korelasi Kelas X di SMK Sirajul Falah Parung Tahun Ajaran 2019/2020). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
ARTIKEL HARDIYANTI 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kebiasaan belajar yang tersusun dan terencana memberikan pengaruh yang baik dalam diri peserta didik yang menjadi dorongan dalam dirinya untuk meraih hasil akhir yang optimal. Kebiasaan belajar beberapa peserta didik kelas X di SMK Sirajul Falah Parung Tahun Ajaran 2019/2020 menunjukan bahwa masih kurang efektifnya kebiasaan belajar peserta didik. Selama berlangsungnya proses belajar masih kurangnya kecakapan peserta didik dalam mengoptimalkan waktu belajarnya disekolah maupun dirumah dan kurangnya kesigapan dalam mempersiapkan diri untuk belajar. Sehingga memberikan pengaruh yang kurang baik dalam diri peserta didik yang memberi pengaruh hasil akhir yang dicapai. Tujuan penelitian ini guna menguji kebenaran suatu teori pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar PPKn. Metode yang dipakai yaitu korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Dalam pengambilan sampel, penulis mengambil sampel dengan menggunakan populasi terjangkau dengan jumlah 98 peserta didik dan tersebar menjadi tiga kelas, sehingga didapatkan sampel sebanyak 79 yang diambil dengan teknik random sampling menggunakan rumus slovin. Instrumen penelitian untuk variabel kebiasaan belajar digunakan 30 butir dalam bentuk angket, sementara untuk variabel hasil belajar menggunakan nilai PAT tahun ajaran 2019/2020. Instrumen angket terlebih dahulu diuji cobakan kepasa 79 peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui dan memastikan butir soal valid dan reliabel untuk digunakana sebagai instrument. Dengan teknik.analisa.data yang terdiri dari uji normalitas, linieritas regresi dan koefisien korelasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kebiasaan belajar terhadap hasil belajar PPKn peserta didik kelas X SMK Sirajul Falah Parung Tahun Ajaran 2019/2020 dengan persamaan regresi Y ̂=54.455 +0.238X_1 dan koefisien korelasi rxy sebesar 0.843 pada taraf signifikansi a = 0,05. Adapun presentase kekuatan pengaruh variabel X terhadap Y menunjukan angka sebesar 71%, dimana di luar kebiasaan belajar terdapat factor lain yang memberi pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 29%. Dengan demikian, agar peserta didik dapat membentuk kebiasaan yang efektif dan baik serta dapat mengelola waktu dalam melaksanakan proses belajar sehingga memberi pengaruh yang positif bagi perbaikan hasil belajar yang ingin dicapai, maka diharapkan kepada peserta didik untuk dapat mencari tau dan memahami bagaimana cara-cara belajar yang baik yang dapat mempermudah proses belajar. Hal ini dapat dibantu oleh guru dengan membantu member pentunjuk-petunjuk umum bagaimana belajar yang efektif. Selain itu Guru dapat memberi bimbingan dan pengawasan sewaktu proses belajar peserta didik. Karena hasil yang baik akan diperoleh jika cara-cara belajar diterapkan langsung selama pelajaran yang diberikan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 24 Nov 2020 08:04
Last Modified: 24 Nov 2020 08:04
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8702

Actions (login required)

View Item View Item