Pemanfaatan Youtube Channel Sebagai Media Belajar Untuk Mengungkapkan Gagasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ppkn (Studi Pendekatan Kualitatif di SMK Kesehatan Letris Indonesia 2)

Diva Liutammi, (2020) Pemanfaatan Youtube Channel Sebagai Media Belajar Untuk Mengungkapkan Gagasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ppkn (Studi Pendekatan Kualitatif di SMK Kesehatan Letris Indonesia 2). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Internet merupakan satu hal yang dibuat oleh manusia, dalam perkembangannya yang awalnya hanya sebagai suatu alat transmisi informasi elektronik, namun kini menjelma sebagai saluran energi dalam manusia berekspresi tiada batasan waktu dan ruang, mampu menyentuh banyak sisi dari kehidupan manusia di era digital seperti sekarang ini. Berdasarkan latar belakang diatas peneliti tertarik untuk memaparkan bagaimana Vlog atau yang sekarang bisa disebut Youtube Channel, sebagai media yang terintegrasi teknologi infromasi dijadikan media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Youtube memberikan dampak yang positif terhadap dunia pendidikan terutama karena menawarkan pembelajaran yang sangat praktis dan mudah. Youtube sebagai media pembelajaran itu memiliki surveillance (motif informasi). Berkenaan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yaitu salah satu caranya adalah peserta didik belajar untuk mengungkapkan gagasan yang mereka miliki. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dibantu metodologi penelitian yang digunakan yaitu metodologi penelitian naratif. Teknik pengumpulan data yang didapatkan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di SMK Kesehatan Letris Indonesia 2 dan responden dalam penelitian ini adalah mewawancarai wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran PPKn, dan peserta didik kelas XI Farmasi 1. Teknik analisis data yang digunakan ada 3 cara yaitu; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi waktu (perpanjangan waktu penelitian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru sudah menggunakan media belajar yang variatif, namun guru PPKn sendiri belum pernah memanfaatkan Youtube Channel sebagai media belajar bagi peserta didik. Respon dari peserta didik juga baik, mereka merasa pemanfaatan youtube channel dinilai sangat efektif dan sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran daring seperti sekarang ini dengan media pembelajaran berbasis video blog. Youtube channel sendiri dirasa bukan hal yang asing lagi bagi mereka, karena mereka hidup di abad 21 yang mana, segala macam teknologi berkembang pesat, dan peserta didik bisa menjadi subjek/pelaku dari kemajuan teknologi seperti sekarang ini, bukan hanya sebagai penikmat atau penonton karya orang lain, melainkan harus ikut serta dalam berkarya. Dengan perubahan besar dan cepat pada kemajuan ilmu dan teknologi, maka peran media pembelajaran juga semakin penting guna memberikan alternatif sumber belajar bagi peserta didik, yang menurut konsep pendidikan progresif harus ikut aktif belajar dengan pengalaman langsung. Di era kompetisi global, peserta didik sebagai SDM harus memiliki kemampuan yang aktif dan kreatif. Bukan hanya mendengarkan guru menjelaskan, melainkan aktif dalam mencari dan membentuk dirinya sendiri. Yang pada mulanya dari teacher active learning bergeser menjadi student active learning. Artinya, orientasi pembelajaran teacher centered (berpusat pada guru) disempurnakan menjadi student centered (berpusat pada peserta didik)

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 24 Nov 2020 07:23
Last Modified: 24 Nov 2020 07:23
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8696

Actions (login required)

View Item View Item