Pengaruh metode resitasi terhadap Keaktifan belajar peserta didik (Studi Korelasional pada kelas X MIPA di SMA BP FAI UMJ Kota Bogor)

Dewi Nurmayanti, (2020) Pengaruh metode resitasi terhadap Keaktifan belajar peserta didik (Studi Korelasional pada kelas X MIPA di SMA BP FAI UMJ Kota Bogor). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
Turnitin Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris Pengaruh metode resitasi dengan keaktifan belajar siswa didalam kelas di SMA Bp Fai Umj/Mbs Ki Bagus Hadi Kusumo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu suatu karakteristik yang nilai nilainya dinyatakan dalam “numerical atau angka” metode ini dilangsungkan menggunakan metode Quasi Eksperiment. Dengan teknik Observasi yang dilakukan pada penelitian ini adalah dilakukan sebanyak dua kali, yaitu dilaksanakan sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan sesudah perlakuan (post-test), tidak hanya dilakukan pada kelas eksperimen saja tetapi juga di kelas Kontrol, untuk pengambilan data dan Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling yaitu teknik sampling yang tidak memberikan kesempatan pada setiap anggota populasi untuk dijadikan anggota sampel. Pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh ialah teknik pengambilan sampel apabila semua populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan populasi terjangkau yaitu kelas X Mipa yang Berjumlah 38 peserta didik dan Kelas X IPS yang berjumlah 38 peserta didik, maka sampel keseluruhan nya adalah 76 sampel, setelah dihitung dengan rumus solvin pada derajat 5% didapatkan sebesar 64 sampel, untuk melihat pengaruh dari metode resitasi terhadap keaktifan belajar peserta didik maka peneliti menerapkan Metode Resitasi untuk kelas eksperimen dan Discovery Learning di kelas control, setelah itu peneliti membandingkan hasil pretest dan posttest yang dibagikan kepada peserta didik serta membandingkan skor keaktifan belajar berbentuk angket yang di isi sendiri menurut tanggapan peserta didik. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t nilai Posttest kelas metode resitasi diperoleh thitung = 21,25 dan ttabel = 1,9996 H0 ditolak dan jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Lalu untuk nilai kekatifan belajar peserta didik diperoleh thitung = 11,98 dan ttabel = 1,9996 H0 ditolak dan jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari pembelajaran menggunakan metode resitasi dengan pembelajaran tanpa metode resitasi pada mata pembelajara Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (Ppkn). Hal tersebut juga menunjukan bahwa keaktifan belajar peserta didik di kelas metode resitasi lebih tinggi dibandingkan dengan kekatifan belajar peserta didik di kelas tanpa metode resitasi

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 24 Nov 2020 07:19
Last Modified: 24 Nov 2020 07:19
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8695

Actions (login required)

View Item View Item