Pemanfaatan Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Penelitian Kualitatif di SMP Karya Guna 17 Parung Kabupaten Bogor)

Ana Cahyani, (2020) Pemanfaatan Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Penelitian Kualitatif di SMP Karya Guna 17 Parung Kabupaten Bogor). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
JURNAL FILM DOKUMENTER I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Penggunaan penunjang pembelajaran seperti film dokumenter sebagai media pembelajaran sangat diperlukan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sekolah SMP Karya Guna 17 merupakan salah satu sekolah yang sering beberapa kali menerapkan media audiovisual film dokumenter sebagai media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pemanfaatan Film Dokumenter sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Karya Guna 17 Parung Bogor. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa film dokumenter sebagai media pembelajaran PPKn di SMP Karya Guna 17 sudah dimanfaatkan dengan baik dalam pembelajaran. Film dokumenter cukup efektif digunakan dalam pembelajaran PPKn karena sangat diminati oleh siswa dan dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Penggambaran materi pun menjadi lebih jelas misalnya ketika guru akan menjelaskan Kompetensi Dasar mengenai Sumpah Pemuda dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika maka guru dapat menanyangkan film dokumenter Jenderal Sudirman dengan tujuan agar siswa dapat mengambil nilai-nilai dari semangat pemuda seorang jenderal sudirman yang memiliki sikap pantang menyerah dalam berjuang dan pemanfaatan film jenderal sudirman pun dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan Kompetensi Dasar lainnya tinggal bagaimana aspek yang akan dilihat dan dijelaskan sesuai dengan materi. Jadi dalam pemanfaatan film dokumenter dapat digunakan untuk menjelaskan beberapa Kompetensi dasar dengan dibedakan aspek apa yang dilihat dan yang akan dikaitkan dengan materi. Hal inilah yang membuat film dokumenter dirasakan efektif digunakan guru dalam pembelajaran PPKn.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:21
Last Modified: 24 Nov 2020 04:21
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8687

Actions (login required)

View Item View Item