Hubungan Pengendalian Diri dengan Prestasi Belajar (Studi Kasus pada Mahasiswa Semester 1, Kelas 510 dan 511, Tahun Akademik 2015/2016, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan)

Denok Sunarsi, . (2016) Hubungan Pengendalian Diri dengan Prestasi Belajar (Studi Kasus pada Mahasiswa Semester 1, Kelas 510 dan 511, Tahun Akademik 2015/2016, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hubungan Pengendalian Diri Dengan Prestasi Belajar (2).pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PENGENDALIAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester I, Kelas 510 dan 511, Tahun Akademik 2015/2016, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan ) Permasalahan yang ada di Universitas Pamulang yaitu mengenai prestasi belajar mahasiswa nya , yang dipengaruhi oleh pengendalian diri dengan pengertian bahwa pengendalian diri yang dilakukan oleh pengajar, pengajar belum secara aktif melaksanakan pengendalian diri , dengan pengertian bahwa pengendalian yang dilakukan masih bersifat longgar. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh mahasiswa. Tindakan indisipliner mahasiswa merupakan salah satu gejala yang timbul akibat kurang berjalannya fungsi pengendalian secara baik, sehingga pada akhirnya akan menghambat dalam mencapai tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Untuk megetahui bagaimana pengendalian diri mahasiswa. 2. Untuk megetahui bagaimana prestasi belajar mahasiswa. 3. Untuk megetahui bagaimana hubungan pengendalian diri dengan prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan teknik survey. Pendekatan analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis statistik yang dipakai dalam penelitian adalah statistik nonparametrik. Sampel penelitian berjumlah 79 responden. Dalam melaksanakan tugasnya, maka pengajar mempunyai tugas dan fungsi mengajar secara keseluruhan, diantaranya adalah harus melaksanakan fungsi pengendalian diri . Apabila fungsi pengendalian diri dilakukan dengan baik, maka tujuan yang diharapkan akan lebih mudah tercapai. Dengan adanya pelaksanaan pengendalian diri yang baik, maka dapat meningkatkan prestasi belajar. Prestasi belajar akan memiliki dampak positif pada prestasi perguruan tinggi, untuk itu sebuah perguruan tinggi harus berupaya untuk meningkatkan prestasi belajar dengan berbagai cara. Sebuah perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Pamulang jika memiliki mahasiswa dengan prestasi belajar yang baik maka akan membawa nama baik perguruan tinggi. Dari analisis untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel maka diketahui dari perhitungan koefisien korelasi, berdasarkan interpretasi koefisien korelasi (Sugiyono, 2007:183), maka koefisien sebesar 0,655 termasuk dalam tingkat hubungan yang kuat antara pengendalian diri dengan prestasi belajar mahasiswa Universitas Pamulang. Dari perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa meningkatnya prestasi belajar (Y) dipengaruhi oleh pengendalian diri (X) sebesar 42,90% dan sisanya 57,10% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Pada uji hipotesis didapat nilai t hitung > t tabel, artinya hipotesis H1 diterima. Kata kunci : Pengendalian Diri dan Prestasi Belajar

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 16 Mar 2020 09:34
Last Modified: 16 Mar 2020 10:47
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8621

Actions (login required)

View Item View Item