Memotret pembelajaran sastra : studi kualitatif perkuliahan prose

Yan Ardian, . (2003) Memotret pembelajaran sastra : studi kualitatif perkuliahan prose. In: Revitalisasi Pendidikan Bahasa : Mengungkap tabir bahasa demi peningkatan SDM yang kompetitif. Andira, Bandung, pp. 331-346. ISBN 979-9296-97-8

[img]
Preview
Text
Revitalisasi Pendidikan Bahasa_Yan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui tiga hal: cara belajar sastra yang terjadi di kelas Prose, respon yang dihasilkan oleh para siswa, dan persepsi mereka terhadap cara belajar di kelas tersebut. Dalam menggali data, peneliti menggunakan metode-metode yang berakar pada disiplin kualitatif. Peneliti melakukan observasi, wawancara, dan membagikan kuesioner pada siswa. Sesi-sesi yang menampilkan berbagai tulisan sastra seperti dalam topik Modern Prose dan How to Appreciate Literary Works merupakan sesi-sesi terpenting karena memperlihatkan karakteristik cara belajar kelas. Pendekatan textual mendominasi cara belajar di kelas ini dimana membaca banyak dilakukan secara individual dalam keadaan silent reading. Jurnal adalah satu-satunya produk tertulis respon siswa yang digunakan untuk membantu mereka belajar memahami karya sastra.

Item Type: Book Section
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 10 Sep 2019 06:30
Last Modified: 12 Sep 2019 04:57
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8539

Actions (login required)

View Item View Item