Ujian "Kelas Speaking" Dianalisis Berdasarkan Konteks Linguistik

Djasminar Anwar, . (2010) Ujian "Kelas Speaking" Dianalisis Berdasarkan Konteks Linguistik. In: Forum linguistik Pascasarjana 2010. Laboratorium Leksikologi dan Leksikografi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Depok, pp. 241-257. ISBN 978-979-99145-5-2

[img]
Preview
Text
forum linguistik_bu djas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan kemampuan mahasiswa semester III Univeristas Pamulang. Tahun Ajaran 2008-2009, saat bertutur kata dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan tata bahasa (Grammar) dan fungsi bahasa (language function) dengan benar. Penelitian ini melibatkan 16 mahasiswa dari satu kelas. Subyek yang diteliti adalah pembicara bilingual. Dari penelitian ini diharapkan diketahui kompetensi komunikatif mahasiswa beserta judul wacana (discourse type) apa yang digunakan dalam percakapan, misalnya request, response, narrative, dan introgrative. hasil analisis penunjukan bahwa kompetensi komunikatif mahasiswa dikelas ini lmeah. pada kenyataannya, hal ini disebabkan kemampuan mereka sangat terbatas dalam memilih kata yang komunikatif (communicative repertoire). selain itu, tata bahasa (grammar), pertanyaan, jawaban dan keterangan yang muncul dalam percakapan dipengaruhi oleh Bahasa Indonesia dalam konteks sosiolinguistik. Dari temuan dalam penelitian ini disarankan agar pengajar Bahasa Inggris dapat memberikan contoh judul wacana (discourse type) percakapan Bahasa Inggris dalam konteks sosiolinguistik. Kata Kunci : kemampuan mahasiwa, tat bahasa, fungsi bahasa, kompetensi komunikatif, percakapan, dan sosiolinguistik.

Item Type: Book Section
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:33
Last Modified: 10 Sep 2019 03:57
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8536

Actions (login required)

View Item View Item