Analisis Perbandingan Simulasi Laporan Fiskal Antara Bentuk Pkp Badan Dan Orang Pribadi Terhadap Pajak Terutang (Studi Kasus Di Cv. Guppy Indonesia) ( Skripsi Akuntansi S1. 2015 )

Irwandana, . (2015) Analisis Perbandingan Simulasi Laporan Fiskal Antara Bentuk Pkp Badan Dan Orang Pribadi Terhadap Pajak Terutang (Studi Kasus Di Cv. Guppy Indonesia) ( Skripsi Akuntansi S1. 2015 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. Cover.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text
SKRIPSI AKUNTANSI SI. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
SKRIPSI AKUNTANSI SI. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
SKRIPSI AKUNTANSI SI. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
JURNAL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Sesuai dengan Pasal 28 UU Nomor 28 Tahun 2007, Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dan Wajib Pajak Badan diwajibkan untuk menyelenggarakan pembukuan pada perhitungan besarnya Pajak Penghasilan (PPh), yang akan dibayarkan oleh suatu perusahaan. Pembukuan tersebut harus dibuat berdasarkan hasil laporan keuangan komersial yang telah disesuaikan dengan Undang-Undang Perpajakan, sehingga menjadi laporan keuangan fiskal. Proses penyesuaian tersebut dinamakan Rekonsiliasi Fiskal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukanidentifikasi laporan keuangan komersil CV. Guppy Indonesia tahun buku 2013 dan melakukan proses simulasi laporan fiskal atas laporan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah relatif menggunakan metode deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini adalah ditemukan beberapa pos dalam laporan keuangan komersial CV. Guppy Indonesia yang perlu dikoreksi berdasarkan peraturan perpajakan yang berlaku, agar sesuai dan dapat dijadikan sebagai laporan keuangan fiskal, seperti beban peralatan, operasional, komisi, listrik dan telephone. Adanya koreksi tersebut mengakibatkan koreksi positif sebesar Rp. 80.892.750 dan koreksi negatif sebesar Rp. 8.350.000. Kemudian dilakukan simulasi perhitungan atas laporan fiskal tersebut dengan menggunakan dua skema perhitungan tarif yaitu tarif perhitungan untuk Wajib Pajak Badan dan Wajib Pajak Orang Pribadi. Dari perbandingan perhitungan keduanya dihasilkan dua perbedaan hasil yang cukup signifikan, yaitu pajak terutang yang dihasilkan dengan menggunakan skema perhitungan Wajib Pajak Badan adalah sebesar Rp. 132.681.204. Sedangkan pajak terutang yang dihasilkan dengan menggunakan skema perhitungan Wajib Pajak Orang Pribadi adalah sebesar Rp. 160.582.802. Artinya terdapat selisih Rp. 27.901.598,- antara PKP Badan dan Orang Pribadi dimana pajak terutang untuk Badan lebih rendah dari pada Orang Pribadi. Kata Kunci: Laporan Keuangan Fiskal, Pengusaha Kena Pajak, PPhTerutang.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:24
Last Modified: 07 Dec 2015 04:24
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item