Pengaruh Profesionalisme Dan Pengalaman Auditor Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik Di Wilayah Tangerang Selatan) ( Skripsi Akuntansi S1, 2015 )

Titik Pujiyati, . (2015) Pengaruh Profesionalisme Dan Pengalaman Auditor Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik Di Wilayah Tangerang Selatan) ( Skripsi Akuntansi S1, 2015 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
1. Skripsi Akuntansi S1 COVER.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2. Skripsi Akuntansi S1 BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
3. Skripsi Akuntansi S1 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
4. Skripsi Akuntansi S1 BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
5. Skripsi Akuntansi S1 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
6. Skripsi Akuntansi S1 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
7. Skripsi Akuntansi S1 JURNAL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (736kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di KAP di Wilayah Tangerang Selatan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Profesionalisme dan Pengalaman Auditor Terhadap Ketepatan Pemberian Opini pada KAP di Wilayah Tangerang Selatan. Jumlah auditor yang menjadi sampel penelitian ini sebanyak 30 responden dari 8 Kantor Akuntan Publik di Wilayah Tangerang Selatan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profesionalisme dan pengalaman auditor, sedangkan variabel dependennya adalah ketepatan pemberian opini. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling, metode pengumpulan data dengan cara pengajuan kuesioner ke beberapa KAP di Wilayah Tangerang Selatan. Sedangkan pengolahan data digunakan pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan regresi linier berganda dengan menggunakan program aplikasi SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian diperoleh R sebesar 0,656. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara profesionalisme dan pengalaman auditor terhadap ketepatan pemberian opini oleh auditor. Koefisien determinasi yang disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,388 atau 38,8%. Hal ini berarti 38,8% dari variabel dependen yaitu opini auditor dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel independen (profesionalisme dan pengalaman auditor). Sedangkan sisanya sebesar 61,2% dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam peneltian ini. Hasil uji hipotesis variabel profesionalisme mempunyai tingkat signifikan sebesar 0,04, maka hal ini menunjukkan bahwa variabel profesionalisme berpengaruh secara signifikan terhadap ketepatan pemberian opini. Variabel pengalaman auditor mempunyai tingkat signifikan sebsar 0,275, hal ini disimpulkan bahwa variabel pengalaman auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan pemberian opini. Sedangkan hasil uji hipotesis profesionalisme dan pengalaman auditor secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap ketepatan pemberian opini, ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,01. Sedangkan variabel yang paling dominan mempengaruhi opini audit adalah profesionalisme auditor. Kata kunci : Profesionalisme, Pengalaman Auditor, Ketepatan Pemberian Opini

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 01 Dec 2015 02:27
Last Modified: 18 Mar 2016 03:36
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item