Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru (Study Kasus Pada Smk Muhammadiyah Parung)

Irfan Rizka Akbar, . (2018) Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru (Study Kasus Pada Smk Muhammadiyah Parung). Masters thesis, Universitas Pamulang.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebijakan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan prestasi siswa sebagai outcome yang di tinjau dari beberapa aspek, seperti profesional tenaga pendidik, kualitas tenaga pendidik, kondisi lingkungan sekolah dan sarana prasarana sekolah, sehingga kebijakan kepemimpinan kepala sekolah dapat tercapai. Informasi didapatkan melalui observasi langsung di SMK Muhammadiyah Parung selama 6 bulan, serta dikuatkan pra observasi 4 tahun sebelumnya oleh peneliti untuk mendapatkan gambaran keadaan sekolah yang sebenarnya. Dengan bantuan interview dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, humashubin, kesiswaan dan sarpras menjadikan kunci informasi peneliti lebih tajam dan akurat sesuai dengan keadaan sekolah yang pada SMK Muhammadiyah Parung. Informasi yang didapat berupa informasi verbal dan data sekolah sebagai bukti atas observasi yang dilakukan. Kempetensi guru di SMK Muhammadiyah Parung secara garis besar sudah sesuai dengan yang di harapkan sesuai dengan kebijakan kepala sekolah. Dalam segi peraturan dan ketertiban, siswa akan lebih bersemangat untuk datang lebih awal. Dengan kompetensi guru yang meningkat akan berimbas pada siswa dan sebaliknya. Dengan hadirnya siswa di awal waktu, maka program tadarus di pagi haripun dapat terlaksana, sebelum melakukan kegiatan KBM, siswa akan di pandu oleh guru yang mengajar di jam pertama untuk kegiatan tadarus. Hal ini pun menjadikan guru untuk dapat hadir lebih awal dari sebelumnya. analisis SWOT SMK Muhammadiyah Parung terdapat dikuadran I karena SMK Muhammadiyah Parung memiliki keuanggulan internal yang baik dan didukung oleh peluang sekitar lokasi. Namun strategi-strategi yang dapat diterapkan di SMK Muhammadiyah Parung tidak sebatas hanya berdasarkan kuadran I tersebut, tetapi dapat dari kuadran II, kuadran III dan kuadran IV. Di kuadran tersebut dapat diterapkan strategi dalam rangka untuk mewujudkan tujuan dari organisasi itu sendiri. Strategi yang dapat diterapkan pada masing-masing kuadran adalah kuadran I membuat periklanan dan perluasan pangsa pasar, kuadran II meningkatkan kualitas kerja organisasi yang lebih baik, kuadran III mengusahakan pengembangan dan pelatihan SDM serta di kuadran IV menetapkan strategi promosi baru yang lebih efisien dan efektif. Hal ini terlihat dengan ditunjukannya kesesuaian antara hasil pekerjaan dan tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu, ketepatan waktu dan kehadiran guru dan staff dalam melaksanakan pekerjaannya cukup baik walaupun masih ada beberapa karyawan yang datang terlambat. Kata kunci : Kebijakan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 29 May 2019 04:51
Last Modified: 29 May 2019 04:51
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/7320

Actions (login required)

View Item View Item