Pengaruh Oversize Piston Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Empat Langkah Berkapasitas 150cc

Muhammad Raafianto Kuncoro, . (2019) Pengaruh Oversize Piston Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Empat Langkah Berkapasitas 150cc. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

Masa sekarang ini sepeda motor selain digunakan untuk transportasi juga digunakan sebagai sarana olahraga otomotif, contohnya untuk perlombaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya perbedaan daya dan torsi yang dihasilkan sepeda motor yang divariasi dengan piston standar (62mm) dan piston modifikasi (63,5mm) yang menggunakan bahan bakar yaitu Premium, Pertamax dan Pertamax Plus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pada pengujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk pengujian laju konsumsi bahan bakar menggunakan alat gelas ukur, kemudian dilakukan perhitungan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan daya, torsi, konsumsi bahan bakar, dan rasio kompresi yang dihasilkan oleh dua variasi piston dan dua jenis bahan bakar. Untuk daya maksimal dihasilkan pada piston modifikasi menggunakan pertamax turbo sebesar 11,78 kW dan torsi maksimal pada piston modifikasi menggunakan pertamax turbo sebesar 16,1 N.m. Sedangkan daya terendah dihasilkan pada piston standar menggunakan pertamax turbo sebesar 2,68 kW dan torsi terendah 5,12 N.m. Untuk konsumsi bahan bakar terendah didapatkan pada piston standar yang memakai pertamax turbo sebesar 0,26 kg/jam sedangkan konsumsi bahan bakar tertinggi dihasilkan pada piston modifikasi yang memakai pertamax turbo sebesar 0,49 kg/jam. Untuk rasio kompresi tertinggi didapat pada piston modifikasi sebesar 10,7:1 dan rasio kompresi terendah didapat pada piston standar sebesar 10,2:1. Kata Kunci : Oversize Piston, Bahan Bakar, Daya, Torsi, Rasio Kompresi.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 18 May 2019 06:26
Last Modified: 18 May 2019 06:26
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/6930

Actions (login required)

View Item View Item