Metode Kerja Kelompok Dengan Metode Diskusi Dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik ( Studi Komparasi Peserta Didik SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang Tahun Pelajaran 2014-2015 )Skripsi PKN 2015

Syahroni, . (2015) Metode Kerja Kelompok Dengan Metode Diskusi Dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik ( Studi Komparasi Peserta Didik SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang Tahun Pelajaran 2014-2015 )Skripsi PKN 2015. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)

Abstract

Tujuaan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan Metode Kerja Kelompok lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang menggunakan metode Diskusi Hipotesis yang di rumuskan pada penelitian ini adalah diduga bahwa hasil belajar pendidikan kewarganegaraan yang menggunkan metod ekerja kelompok lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan kewaganegaraan dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi pada peserta didik kelas X SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang.Metode yang di gunakan adalah metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X Tehnik Kerja Jaringan ( TKJ ) sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 38 dan kelas X Tehnik Kerja Jaringan ( TKJ) sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 38, semua peserta didik 76 peserta didik Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t, karena data berdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen Hasil penelitian ini diperoleh perbandingan berasal dari perlakuan yang menggunakan metode kerja kelompok seluruhnya 78,5 dengan standar deviasi 11,4 dan penelitian dengan menggunakan metode diskusi seluruhnya 67,5 dengan standar deviasi 10,1. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 3,657dan t tabel=1,990 atau t hitung> t tabel yaitu menunjukan bahwa Ho ditolak, ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang signifikan antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Metode Kerja Kelompok dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Metode Diskusi. Kesimpulannya bahwa metode Kerja kelompok lebih baik dibandingkan Metode Diskusi terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik kelas X SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang Tahun Pelajaran 2014-2015. Metode Kerja kelompok lebih memberikan peningkatan dari segi akademis maupun segi hasil, walaupun masih ada peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah. Tetapi secara keseluruhan dapat dikatakan mengalami peningkatan secara bertahap. Kata Kunci : Metode Kerja Kelompok, Metode Diskusi, hasil belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2015 04:04
Last Modified: 10 Oct 2015 04:04
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item