Analisis Penerapan PSAK No. 106 Terhadap Pembiayaan Musyarakah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk ( Skripsi Akuntansi S1, 2014)

Siti Fitri Rizqiyah, . (2014) Analisis Penerapan PSAK No. 106 Terhadap Pembiayaan Musyarakah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk ( Skripsi Akuntansi S1, 2014). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Sistem pembiayaan yang berbasis syariah sangat membantu masyarakat terlebih kepada masyarakat yang kurang mampu/dhuafa yang ingin mengembangkan atau mendirikan usahanya demi kelangsungan hidup sehari-hari. Maka dari itu sistem pembiayaan ini patut untuk dikembangkan dan di implementasikan di semua lingkungan. Tetapi dalam pelaksanaannya terkadang belum sesuai dengan peraturan-peraturan dan Undang-Undang (UU) perbankans yariah yang berlaku saat ini, dikarenakan kelalaian dari pelaku perbankan dan juga belum sempumanya peraturan yang dibuat. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana sistem pembiayaan musyarakah yang diterapkan di Bank Muamalat sudah sesuai dengan PSAK No. 106? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui system pembiayaan musyarakah yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu PSAK No. 106. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan penentuan sampel menggunakan tehnik Purpoive Sampling dan pemilihan dalam pengambilan sampel dengan metode non probability. Penelitian ini didasarkan pada data primer dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian lapangan, dengan didukung oleh penelitian kepustakaan yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Pelaksanaan pembiayaan musyarakah yang dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk menggunakan system revenue sharing dimana beban yang terjadi dalam pembiayaan musyarakah tidak diakui oleh bank sebagai pengurang bagi hasil yang akan diterima bank pada periode berjalan, kecuali biaya-biaya yang akan terjadi diawal akad pembiayaan. Kata kunci : Pembiayaan Musyarakah, bagi hasil, PSAK No. 106

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 10 Oct 2015 03:30
Last Modified: 10 Oct 2015 03:30
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item