Model pembelajaran tipe Jigsaw dengan tipe Student Teams Achiavement Division terhadap hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan peserta didik ( Studi komparasi di SMK Sasmita Jaya Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2014/2015 ) Skripsi PKN 2015

Susi, . (2015) Model pembelajaran tipe Jigsaw dengan tipe Student Teams Achiavement Division terhadap hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan peserta didik ( Studi komparasi di SMK Sasmita Jaya Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2014/2015 ) Skripsi PKN 2015. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan yang menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari populasi target yaitu seluruh peserta didik kelas XII SMK Sasmita Jaya I Pamulang berjumlah 601 peserta didik, dan populasi terjangkau adalah kelas XII Multimedia dan kelas XII Akuntansi SMK Sasmita Jaya I Pamulang tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sedangkan sampel penelitian yaitu kelas XII Multimedia 2 dan kelas XII Multimedia 3, maka sampel penelitiannya adalah kedua kelas tersebut yang masing-masing kelas XII Multimedia 2 berjumlah 28 peserta didik dan kelas XII Multimedia 3 bejumlah 28 peserta didik Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk soal tes pilihan ganda 5 opsi, bernilai 1 jika benar dan bernilai 0 jika salah. Materi yang diujikan adalah Sistem Pemerintahan, instrument tes sebanyak 45 item yang telah diuji coba terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas, pada perhitungan validitas instrumen didapat 30 item yang valid. Berdasarkan hasil perhitungan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,35 median sebesar 79,5 modus sebesar 86 varians sebesar 81,35 dan simpangan baku sebesar 9,02 dan hasil perhitungan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,42 median sebesar 69,48 modus sebesar 80,82 varians sebesar 112,14 dan simpangan baku sebesar 10,58. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai thitung = 2,12. Sedangkan t tabel pada taraf signifikansi 0,05 derajat kebebasan (dk=54) diperoleh ttabel 2,00. Karena thitung 2,12 > ttabel 2,00 berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik. Hal tersebut menunjukan bahwa hasil belajar pendidikan Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan model Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model Student Teams Achievement Division. Kata kunci : Model Jigsaw, model Student Teams Achievement Division dan Hasil Belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2015 11:30
Last Modified: 09 Oct 2015 11:30
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item