Metode prileksi dengan metode ceramah terhadap hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan peserta didik (Studi kasus di SMK Sasmita Jaya 1 Tangerang Selatan tahun ajaran 2014/2015) Skripsi PKN 2015

Nina kosumawati, . (2015) Metode prileksi dengan metode ceramah terhadap hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan peserta didik (Studi kasus di SMK Sasmita Jaya 1 Tangerang Selatan tahun ajaran 2014/2015) Skripsi PKN 2015. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran prileksi dengan yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari populasi target yaitu seluruh peserta didik kelas XII SMK Sasmita Jaya I Kota Tangerang Selatan berjumlah 601 peserta didik, dan populasi terjangkau adalah kelas XII Adm Perkantoran dan kelas XII Pemasaran SMK Sasmita Jaya I Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Setelah dilakukan random maka diperoleh sampel penelitiannya yaitu kelas XII Adm Perkantoran 1 berjumlah 35 peserta didik dan kelas XII Adm Perkantoran bejumlah 35 peserta didik Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk soal tes pilihan ganda dengan 5 opsi, dengan bernilai 1 jika benar dan salah bernilai 0. Materi yang diujikan adalah Sistem Pemerintahan, instrument tes sebanyak 45 item yang telah dibuat diuji coba terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas, pada perhitungan validitas instrumen didapat 30 item yang valid. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 85,56 median sebesar 87 modus sebesar 93 varians sebesar 70,78 dan simpangan baku sebesar 8,41 dan hasil perhitungan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,44 median sebesar 77,5 modus sebesar 85,75 varians sebesar 74,30 dan simpangan baku sebesar 8,62. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t, diperoleh t hitung = 4,40. Dengan menggunakan tabel distribusi t pada taraf signifikansi 0,05 derajat kebebasan (dk=68) diperoleh t tabel 2,00. Karena t hitung 4,40 > t tabel 2,00 hal ini terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan motode Prileksi terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik. Hal tersebut juga menunjukan bahwa hasil belajar pendidikan Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode Prileksi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan metode ceramah. Kata kunci : Metode Prileksi, metode ceramah dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2015 11:21
Last Modified: 09 Oct 2015 11:21
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item