Pemanfaatan tayangan berita pada televisi sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Suanto, . (2015) Pemanfaatan tayangan berita pada televisi sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Pemanfaatan Tayangan Berita Pada Televisi Sebagai Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan yang beralamat di Jl. Lontar Martil Perum Serua Permai Pamulang – Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII.1 dan kelas VIII.5 tahun ajaran 2014-2015. Populasi target dalam penelitian ini adalah 269 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak 67 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan rumus solvin dan didapatkan 40 peserta didik yang diambil secara random sampling sederhana (undian) melalui kocokan. Besarnya sampel dari masing-masing kelas yaitu 20 peserta didik pada kelas VIII.1 dan 20 peserta didik pada kelas VIII.5. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu Pemanfaatan Tayangan Berita Pada Televisi Sebagai Media Pembelajaran (Variabel X) dan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Variabel Y). Metode pengambilan data pada variabel X dan variabel Y yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner). Sebelum dipergunakan untuk mengambil data responden, dilakukan terlebih dahulu uji coba validitas dan reliabilitas yang berguna untuk mengetahui kebenaran instrument. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas Lilliefors. Hasil dari perhitungan uji normalitas pada variabel X dikatakan bahwa data berdistribusi normal, hal ini karena Lhitung 0,0946 lebih kecil dari Ltabel 0,140. Dan perhitungan pada variabel Y dikatakan bahwa data berdistribusi normal, hal ini karena Lhitung 0,1094 lebih kecil dari Ltabel 0,140. Dilanjutkan ke dalam uji linearitas antara variabel X dan variabel Y dan diperoleh Fhitung 0,707 lebih kecil dari Ftabel 2,13. Sehingga dapat dikatakan bahwa data adalah linier. Kemudian melakukan pengujian hipotesis dengan uji korelasi (N = 40 dengan taraf signifikan α = 0,05 yaitu 0,312) diperoleh rxy hitung 0,655 lebih besar dari rxy tabel 0,312. Uji t (N = 40 dengan taraf signifikan α = 0,05 yaitu : 1,697) diperoleh thitung 5,347 > ttabel 1,697. Hasil pengujian memiliki koefisien determinasi sebesar 42,9%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa H1 diterima, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pemanfaatan Tayangan Berita Pada Televisi Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan. Kata Kunci : Pemanfaatan Tayangan Berita Pada Televisi Sebagai Media Pembelajaran, Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2015 04:00
Last Modified: 09 Oct 2015 04:00
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item