Saikap Nasionalisme peserta didik terhadap hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan ( studi korelasi di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2014 – 2015 )Skripsi PKN 2015

Roni Rustandi, . (2015) Saikap Nasionalisme peserta didik terhadap hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan ( studi korelasi di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2014 – 2015 )Skripsi PKN 2015. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Sikap Nasionalisme Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas X di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan yang beralamat di Jl. Sumatera 1, RT. 002/06, Rawa Lele Jombang, Ciputat – Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan pada kelas X.2 dan kelas X.6 tahun ajaran 2014-2015. Populasi target dalam penelitian ini adalah 245 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak 73 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan rumus solvin sebanyak 42 peserta didik yang diambil secara random sampling sederhana (undian) melalui kocokan. Besarnya sampel dari masing-masing kelas yaitu 19 populasi pada kelas X.2 dan 23 populasi pada kelas X.6. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu Sikap Nasionalisme Peserta Didik (Variabel X) dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Variabel Y). Metode pengambilan data pada variabel X dan variabel Y yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner). Sebelum dipergunakan untuk mengambil data responden, dilakukan terlebih dahulu uji coba validitas dan reliabilitas yang berguna untuk mengetahui kebenaran instrument. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji Lilliefors. Hasil dari perhitungan uji lilliefors pada variabel X dikatakan bahwa data berdistribusi normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung 0,0642 lebih kecil dari Ltabel 0,140. Dan perhitungan lilliefors pada variabel Y dikatakan bahwa data tidak berdistribusi normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung 0,3201 lebih besar dari Ltabel 0,140. Dilanjutkan ke dalam uji linearitas antara variabel X dan variabel Y yang diperoleh dari hasil Fhitung -0,017 dan Ftabel 2,09, hal ini dapat dikatakan bahwa data tidak linier. Karena Fhitung lebih kecil dari Ftabel. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dimana rxy hitung 0,090 lebih kecil dari rxy tabel 0,304 (N = 42 dengan taraf signifikan α = 0,05) dan memiliki koefisien determinasi sebesar 0,81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa H1 ditolak, maka tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Sikap Nasionalisme Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas X di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan yang beralamat di Jl. Sumatera 1, RT. 002/06, Rawa Lele Jombang, Ciputat – Kota Tangerang Selatan. Kata Kunci : Sikap Nasionalisme Peserta Didik, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2015 03:54
Last Modified: 09 Oct 2015 03:54
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item