Analisis Penerapan Psak 109 Dan Fatwa Dsn No. V-092/Dsn-Mui/Xii/2001 Terhadap Akuntansi Zakat Pada Rumah Yatim Cabang Pamulang ( Skripsi Akuntansi S1, 2014 )

Aprilianti, . (2014) Analisis Penerapan Psak 109 Dan Fatwa Dsn No. V-092/Dsn-Mui/Xii/2001 Terhadap Akuntansi Zakat Pada Rumah Yatim Cabang Pamulang ( Skripsi Akuntansi S1, 2014 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)

Abstract

Negara Indonesia yang mayoritas beragama muslim, memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan dalam pengelolaan dana Zakat Infaq dan Shodaqah (ZIS). Dalam mengelola dan menyajikan laporan keuangan yang disajikan secara transparan, maka lembaga amil zakat harus dapat menyajikan laporan keuangannya secara benar, dan sesuai dengan pedoman yang sudah ada yaitu aturan yang sudah dibuat oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) melalui fatwa – fatwa yang dibuatnya, khususnya yang membahas mengenai zakat dan akuntansi zakatnya, kemudian juga Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sudah membuat sebuah aturan yang ada di dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109. Fenomena yang terjadi ini yang menjadi alasan untuk melakukan penelitian penerapan PSAK 109 dan fatwa surat DSN No.V-092 /DSN-MUI/XII/2001 yang menjadi pedoman bagi para Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam pencatatan akuntansi Zakatnya. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara : observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau deskipsi suatu data yang dilakukan dalam hal ini, analisis dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan PSAK 109 dan fatwa surat DSN No.V-092 /DSN-MUI/XII/2001 terhadap akuntansi zakat yang dilakukan pada Rumah Yatim cabang Pamulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meneliti penerapan PSAK 109 dan Fatwa DSN yang berhubungan dengan Akuntansi zakat serta kebijakan akuntansi yang digunakan oleh Rumah Yatim cabang Pamulang, serta untuk lebih memperkenalkan akuntansi zakat di dunia akademis. Ternyata penerapan PSAK 109 dan fatwa surat DSN No.V-092 /DSN-MUI/XII/2001 terhadap akuntansi zakat yang dilakukan di Rumah Yatim cabang Pamulang baru sebagian yang sudah menerapkan pencatatan yang berpedoman pada PSAK 109 dan fatwa DSN, karena rumah yatim cabang Pamulang menerapkan metode nilai dasar tunai (cash basic) dimana model pencatatan transaksi akuntansi yang membukukan semua pendapatan yang sudah diterima, tetapi masih ada bebarapa hal yang terdapat di dalam PSAK 109 dan fatwa surat DSN No.V-092 /DSN-MUI/XII/2001 yang belum diterapkan di Rumah Yatim cabang Pamulang seperti pada proses pencatatan akuntansi zakat dalam penyaluran zakatnya yaitu zakat yang disalurkan kepada mustahiq belum diakui sebagai pengurang dana zakat sebesar jumlah yang diserahkan dalam bentuk kas. Kata Kunci :PSAK 109, Fatwa DSN, Akuntansi Zakat

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 07 Oct 2015 12:02
Last Modified: 07 Oct 2015 12:02
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item