Perbandingan metode Show and Tell dan metode Simulasi terhadap hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan peserta didik (Studi Komparasi di SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014 -2015)Skripsi PKN 2015

Heny Anggraini, . (2015) Perbandingan metode Show and Tell dan metode Simulasi terhadap hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan peserta didik (Studi Komparasi di SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014 -2015)Skripsi PKN 2015. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraaan yang diajarkan dengan metode show and tell dan metode simulasi pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan yang beralamat di Jl. Lontar Martil Perum Serua Permai Pamulang – Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII.1 dan kelas VII.2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi terjangkau adalah peserta didik kelas VII tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 281 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Dari 8 kelas diambil 2 kelas secara random yaitu kelas VII.1 dengan jumlah 36 peserta didik dan kelas VII.2 dengan jumlah 35 peserta didik. Maka sampel penelitian berjumlah 71 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk soal tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Tes hasil pendidikan kewarganegaraan ini berupa tes pilihan ganda. Instrumen tes yang telah dibuat diuji coba terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas karena instrumen yang baik adalah yang valid dan reliable. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,70 median sebesar 76,75, modus sebesar 79,50, varian sebesar 60,16 dan simpangan baku sebesar 7,75 dan hasil perhitungan kelas kontrol diperoleh rata-rata 74,07, median sebesar 73,86, modus sebesar 75,50, varian sebesar 125,31 dan simpangan baku sebesar 11,19. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t. Setelah melakukan perhitungan dengan menggunakan uji-t maka diperoleh = 1,68. Dengan menggunakan tabel distribusi t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh =1,1671 dengan kriteria pengujian hipotesis jika<maka Ho diterima dan Hi ditolak dan jika >maka Ho ditolak dan Hi diterima, karena 1,68 > 1,1671 hal ini terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode show and tell terdapat peningkatan hasil belajar pedidikan kewarganegaraan peserta didik. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan metode show and tell lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dengan menggunakan metode simulasi. Kata Kunci : metode show and tell , metode simulasi, dan hasil belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 07 Oct 2015 03:25
Last Modified: 07 Oct 2015 03:25
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item