Perbandingan metode demonstrasi dengan metode tanya jawab terhadap hasil belajar pedidikan kewarganegaraan study komparasi dikelas xii SMK Sasmita Jaya 2 Kota Tangerang Selatan (Skripsi PKN 2014) tahun pelajaran 2014/2015).

Diana Agustin, . (2014) Perbandingan metode demonstrasi dengan metode tanya jawab terhadap hasil belajar pedidikan kewarganegaraan study komparasi dikelas xii SMK Sasmita Jaya 2 Kota Tangerang Selatan (Skripsi PKN 2014) tahun pelajaran 2014/2015). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Demonstrasi dan Metode Tanya Jawab dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah diduga metode demontrasi dan tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan sekaligus membandingkan hasil pembelajaran mana yang lebih baik antara metode demonstrasi dengan tanya jawab pada peserta didik SMK Sasmita Jaya 2 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015 Populasi Penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK Sasmita Jaya 2 Tangerang Selatan. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah peserta didik kelas XII yang berjumlah 168 peserta didik. Sempel penelitian ini diambil dari popupasi terjangkau setelah dilakukan posttes kemudian hasil tes dapat dilihat yang memiliki indeks prestasi yang sama atau homogen, dan diperoleh kelas XII TKJ I dan kelas XII TKR 2 dengan hasil yang sama, maka penelitiannya adalah kedua kelas tersebut yang masing-masing berjumlah 32 peserta didik kemudian ditentukan kelas XII TKJ I sebagai kelas eksperimen dan kelas XII TKR 2 sebagai kelas kontrol. Dari penelitian ini uji normalitas pada kelompok metote demonstrasi diperoleh harga Lhitung =0,1264 dan untuk kelompok metode Tanya jawab diperoleh Lhitung =0,1098 dengan n =32 pada taraf signifikan 5% yang berarti Lhitung < Ltabel yang berarti populasi berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,16 sedangkan Ftabel =1,83 dengan dbpembilang 32-1 dan dbpenyebut pada taraf signifikan 5% berate Fhitung dan Ftabel maka kedua sampel homogen. Dari hasil penelitian ini diperoleh perbandingan, peserta didik dengan metode demonstrasi dengan nilai rata – rata 74,88 dengan standard deviasi 22,95 dan peserta didik metode Tanya jawab dengan nilai rata – rata 59,37, dengan standar deviasi 10,15. Dari hasil perhitungan didapat harga thitung =2,686 sedangkan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5% thitung > ttabel yang berarti bahwa hipotesis diterima. Dengan kata lain dari data yang diperoleh menunjukan bahwa metode demonstrasi mempunyai pengaruh positif dan lebih baik dibandingkan metode Tanya jawabterhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik SMK Samita Jaya 2 Tangerang Selatan Tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Metode Tanya Jawab, Hasil Belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2015 07:50
Last Modified: 06 Oct 2015 07:50
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item