Model pembelajaran tipe teams games tournament dengan metode pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi peserta didik kelas viii SMP Muhammadiyah 44 Pamulang tahun pelajaran 2014)Skripsi PKN 2014

Siti Subadriah, . (2014) Model pembelajaran tipe teams games tournament dengan metode pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi peserta didik kelas viii SMP Muhammadiyah 44 Pamulang tahun pelajaran 2014)Skripsi PKN 2014. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Diskusi. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah diduga bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 44 Pamulang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t, karena data berdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung = 3,657 dan ttabel = 1,990 atau thitung ≥ ttabel yaitu menunjukkan bahwa Ho ditolak, ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang signifikan antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi. Kesimpulannnya bahwa Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament lebih baik dibandingkan metode pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 44 Pamulang Tahun Pelajaran 2014. Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament lebih memberikan peningkatan dari segi akademis maupun segi minat, walaupun masih ada peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah. Tetapi secara keseluruhan dapat dikatakan mengalami peningkatan secara bertahap. Kata Kunci : Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament, Metode Pembelajaran Diskusi, hasil belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2015 04:31
Last Modified: 02 Oct 2015 04:31
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item