Pengaruh Motivasi Belajar Dan Rasa Ingin Tahu Terhadap Prestasi Ips Smp Darul Ulum Depok

Khoirul Mungawanah, . (2018) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Rasa Ingin Tahu Terhadap Prestasi Ips Smp Darul Ulum Depok. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Mungawanah, Khoirul. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar dan Rasa Ingin Tahu terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Darul Ulum. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Pembimbing Dameis Surya Anggara, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Motivasi Belajar, Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar. Penelitian ini mengkaji tentang penilaian terhadap motivasi belajar dan rasa ingin tahu berdasarkan pada prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dalam hal ini siswa bertindak sebagai objek utama penelitian. Data yang dihasilkan pada penelitian ini adalah hasil responden angket. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Darul Ulum dari bulan November 2017. Yang menjadi sampel penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMP Darul Ulum dengan jumlah sampel 140 siswa yang merupakan bagian dari populasi yang jumlahnya 215 siswa SMP Darul Ulum. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan penelitian ini di peroleh hasil bahwa rata-rata Motivasi Belajar ≠ 70, melainkan 67,64 berkategori cukup. Hasil rata-rata pada Rasa Ingin Tahu dapat disimpulkan bahwa rata-rata Rasa Ingin Tahu ≠ 70, melainkan 64,28 berkategori cukup. Hasil rata-rata pada Prestasi Belajar dapat disimpulkan bahwa rata-rata Prestasi Belajar IPS ≠ 70, melainkan 64,30 berkategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian maka HA4 diterima, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka HA5 diterima, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar. Dan secara bersama-sama terdapat pengaruh motivasi belajar dan rasa ingin tahu terdapat pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS di SMP Darul Ulum Depok, dilihat dari output model summary nilai r2 sebesar 0,875 , yang berarti besaran pengaruh motivasi belajar dan rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar sebesar 87,5% dan 12,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun persamaan regresi linier berganda Ŷ=-1,301+0,075x1 +0,941x2 +e.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Abdurahman Saleh
Date Deposited: 06 Oct 2018 02:16
Last Modified: 06 Oct 2018 02:16
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/5759

Actions (login required)

View Item View Item