Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Dwi Putra Ciputat

Arselfius Empi Dominggus Faot, . (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Dwi Putra Ciputat. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER .pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar kognitif sebelum diajar dengan model NHT (Numbered Head Together), Untuk mengetahui rata-rata hasil belajar kognitif setelah diajar dengan model NHT (Numbered Head Together) dan Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif sebelum dan setelah diajar dengan model NHT (Numbered Head Together). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen tipe Time Series Design. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan instrumen butir soal pretest dan instrumen butir soal posttest. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Dwi Putra yang berjumlah 63 siswa, dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B di SMP Dwi Putra yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII sebelum diajar dengan Model Numbered Head Together tidak sama dengan 70, melainkan 51,63 berkategori D. Sedangkan prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII sesudah diajar dengan Model Number Head Together sama dengan 70, meskipun rata-rata empiris sebesar 72,96 berkategori B, tetapi secara statistika rata-rata bernilai 70 berkategori B. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui terdapat perbedaan prestasi belajar sebelum dan sesudah penggunaan Model Numbered Head Together (NHT). Rata-rata prestasi siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS sebelum diajarkan dengan model Numbered Head Together (NHT) rata-rata prestasi siswa sebesar 51,63 dan rata-rata prestasi siswa setelah diajarkan dengan model Numbered Head Together (NHT) sebesar 72,96 secara statistika dianggap terdapat perbedaan yang signifikan yaitu 21,33. Kata Kunci: Metode NHT, Hasil Belajar IPS

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Abdurahman Saleh
Date Deposited: 06 Oct 2018 02:09
Last Modified: 06 Oct 2018 02:09
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item