Kajian Teoritis Tentang Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan (Studi Kasus Pada Sd Islam Plus Daarus Salaam, Pondok Aren – Tangerang Selatan)

Eka Fransiska Puspitawati, . (2017) Kajian Teoritis Tentang Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan (Studi Kasus Pada Sd Islam Plus Daarus Salaam, Pondok Aren – Tangerang Selatan). Masters thesis, Universitas Pamulang.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
JURNAL.doc
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

EKA FRANSISKA PUSPITAWATI, NIM: 2015740098, TESIS “KAJIAN TEORITIS TENTANG PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SESUAI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 48 TAHUN 2008 TENTANG PENDANAAN PENDIDIKAN (Studi Kasus pada SD Islam Plus Daarus Salaam, Pondok Aren – Tangerang).” Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Penelitian ini memakai pendekatan yuridis normatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalokasian dan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta kendala dalam pengalokasian dan pengelolaan pada SD Islam Plus Daarus Salaam. Analisis pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ditinjau dari prinsip swakelola dan partisipatif, transparan, akuntabel, demokratis, efektif dan efisien, tertib administrasi dan pelaporan, serta prinsip saling percaya. Subjek penelitian ini adalah pengelola BOS, komite sekolah dan wali murid. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuisinoer, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Pendidikan sekolah dasar mengemban dua fungsi penting, yakni fungsi untuk mengembangkan potensi peserta didik secara psikologis dan pemberian landasan yang kuat untuk pendidikan SMP dan seterusnya. Kesimpulannya pemberian dana BOS ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu, serta berperan dalam mempercepat pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada satuan pendidikan-satuan pendidikan yang belum memenuhi SPM, dan pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada satuan. Pengalokasian dan pengeloaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Islam Plus Daarus Salaam telah dilaksanakan sesuai ketentuan Juklak dan Juknis yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat setiap tahun anggaran BOS. Kendala-kendala dalam pengalokasian dan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah salah satunya adalah perubahan kebijakan yang dibuat oleh Depdiknas dan Dinas Dikpora terkait dengan pengelolaan dana BOS dan keterlambatan pencairan Dana BOS, Kata Kunci : Pendidikan, UU No. 20 Tahun 2003, Program dana Bos.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Depositing User: Abdurahman Saleh
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:49
Last Modified: 25 Sep 2018 02:49
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/5356

Actions (login required)

View Item View Item