Analisis Sistem Pengendalian Intern terhadap Piutang Usaha yang Tertunggak pada PT. ThyssenKrupp Elevator Indonesia ( Skripsi Akuntansi S1, 2013 )

Mutia Nopitasari, . (2013) Analisis Sistem Pengendalian Intern terhadap Piutang Usaha yang Tertunggak pada PT. ThyssenKrupp Elevator Indonesia ( Skripsi Akuntansi S1, 2013 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)

Abstract

PT. ThyssenKrupp Elevator Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi lift dan eskalator yang penjualannya dilakukan secara kredit. Dengan adanya kebijakan kredit yang di terapkan maka perusahaan akan memperoleh peningkatan penjualan yang relatif lebih banyak dibandingkan tidak adanya kebijakan kredit tersebut. Akan tetapi sementara itu timbul resiko dengan adanya kebijakan kredit tersebut, yaitu dengan adanya tunggakan pembayaran piutang atau bahkan tak tertagihnya piutang. Dengan adanya sistem pengendalian intern piutang diharapkan mengoptimalkan resiko-resiko positif dan menekankan serendah mungkin resiko negatif akibat adanya penjualan kredit. Terutama untuk menjamin penagihan piutang yang lancar dan tepat waktu serta menekan kerugian akibat tak tertagih. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis sistem pengendalian intern piutang terhadap piutang yang tertunggak pada PT. ThyssenKrupp Elevator Indonesia. Manfaat penelitian ini secara teoritis penulis dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat selama mengikuti perkuliahaan sehingga dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam menganalisis sistem pengendalian intern piutang terhadap piutang usaha yang tertunggak pada PT. ThyssenKrupp Elevator Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan meliputi riset kepustakaan dengan menelaah buku-buku yang berkaitan dengan materi pokok skripsi dan riset lapangan dengan cara wawancara, tanya jawab, pengamatan, pengujian dan analisis. Metode pengujian menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dimana data dikumpulkan melalui data yang ada pada perusahaan PT. ThyssenKrupp Elevator Indonesia. Data yang terkumpul kemudian kemudian diklarifikasi, dianalisa, selanjutnya diinterpretasikan sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai keadaan yang di teliti. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern piutang kurang efektif untuk mengendalikan piutang yang tertunggak. Hal ini terbukti dengan nilai dari tabel efektifitas berada pada nilai 62,14 berada diantara kelas 44-63 yang artinya kurang efektif. Kata kunci: Sistem Pengendalian Intern Piutang, Piutang yang Tertunggak.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 28 Sep 2015 12:02
Last Modified: 28 Sep 2015 12:02
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item